GAMBARAN PERILAKU BULLYING PADA ANAK KELAS 5 DI SDN 016 DR. CIPTO PAJAJARAN KOTA BANDUNG

Sifa, Nova Rahmawati and Nani, Avianti and Muryati, Muryati and Zaenal, Muttaqin (2020) GAMBARAN PERILAKU BULLYING PADA ANAK KELAS 5 DI SDN 016 DR. CIPTO PAJAJARAN KOTA BANDUNG. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Bandung.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (40kB)
[img] Text
2. Lembar Persetujuan.pdf

Download (59kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (240kB)
[img] Text
4. Moto dan Persembahan.pdf

Download (376kB)
[img] Text
5. Abstrak (Bahasa Indonesia).pdf

Download (293kB)
[img] Text
5. Abstrak (Bahasa Inggris).pdf

Download (184kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (293kB)
[img] Text
8. Daftar Tabel, Bagan, dan Lampiran.pdf

Download (291kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf

Download (296kB)
[img] Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (312kB)
[img] Text
15. Lampiran - Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16. Lembar Bimbingan KTI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
17. Lembar Bimbingan Proposal.pdf

Download (918kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (95kB)

Abstract

ABSTRAK XIV, 81 hal, 5 Bab, 8 Tabel, 1 Bagan, 10 Lampiran Anak usia sekolah memasuki tahap perkembangan psikososial Industri vs Inferior. Pada tahap ini dunia sosial anak meluas dari dunia keluarganya, menjadi dengan teman sebaya dan guru di sekolahnya. Peran sekolah sangat penting bagi pertumbuhan psikososial anak, sedangkan saat ini perilaku bullying pada anak di sekolah masih tinggi. Dari 2011 sampai Agustus 2014 kasus perilaku bullying di sekolah menduduki tingkat teratas pengaduan masyarakat ke komisi perlindungan anak (KPAI) sebanyak 369 pengaduan. Perilaku bullying ini dapat memberikan dampak negatif pada anak khususnya pada perkembangan psikososial anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku Bullying pada anak kelas 5 di SDN 016 Dr. Cipto Pajajaran Kota Bandung. Pada penelitian ini juga digambarkan bagaimana terjadinya perilaku bullying di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yang dilakukan kepada 115 siswa kelas 5 pada tanggal 11 – 13 April secara online dimana sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner OBVQ yang telah di terjemahkan, dimodifikasi oleh peneliti dan dilakukan uji validitas isi, lalu di analisis dan disajikan dalam tabel frekuensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak kelas 5 yang mengalami perilaku bullying 81.7%, laki - laki mengalami perilaku bullying lebih tinggi 52.1% dibanding perempuan, responden yang mengalami perilaku bullying berperan sebagai penonton 44.3%, jenis perilaku bullying psikologis 74.4%, sebagian besar mengalami perilaku bullying di kelas 72.4% dan pada saat Istirahat 74.5%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar anak kelas 5 mengalami perilaku bullying. Direkomendasikan kepada Guru BK di Sekolah untuk bisa memberikan konseling kepada siswa/i mengenai bagaimana cara melakukan pencegahan agar siswa tidak mengalami perilaku bullying. Kata Kunci : Anak Usia Sekolah, Perilaku Bullying. Daftar Pustaka : 36 (2002 – 2020)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 613.6 Topik-topik Khusus tentang Kesehatan dan Keselamatan
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Jurusan Keperawatan Bandung > D III
Depositing User: Miss Sifa Nova Rahmawati
Date Deposited: 09 Dec 2020 09:14
Last Modified: 09 Dec 2020 09:14
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/1644

Actions (login required)

View Item View Item