Sifa, Nova Rahmawati and Nani, Avianti and Muryati, Muryati and Zaenal, Muttaqin (2020) GAMBARAN PERILAKU BULLYING PADA ANAK KELAS 5 DI SDN 016 DR. CIPTO PAJAJARAN KOTA BANDUNG. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Bandung.
Text
1. Cover.pdf Download (40kB) |
|
Text
2. Lembar Persetujuan.pdf Download (59kB) |
|
Text
3. Lembar Pengesahan.pdf Download (240kB) |
|
Text
4. Moto dan Persembahan.pdf Download (376kB) |
|
Text
5. Abstrak (Bahasa Indonesia).pdf Download (293kB) |
|
Text
5. Abstrak (Bahasa Inggris).pdf Download (184kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (293kB) |
|
Text
8. Daftar Tabel, Bagan, dan Lampiran.pdf Download (291kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (323kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Download (296kB) |
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (312kB) |
|
Text
15. Lampiran - Lampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text
16. Lembar Bimbingan KTI.pdf Download (278kB) |
|
Text
17. Lembar Bimbingan Proposal.pdf Download (918kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf Download (95kB) |
Abstract
ABSTRAK XIV, 81 hal, 5 Bab, 8 Tabel, 1 Bagan, 10 Lampiran Anak usia sekolah memasuki tahap perkembangan psikososial Industri vs Inferior. Pada tahap ini dunia sosial anak meluas dari dunia keluarganya, menjadi dengan teman sebaya dan guru di sekolahnya. Peran sekolah sangat penting bagi pertumbuhan psikososial anak, sedangkan saat ini perilaku bullying pada anak di sekolah masih tinggi. Dari 2011 sampai Agustus 2014 kasus perilaku bullying di sekolah menduduki tingkat teratas pengaduan masyarakat ke komisi perlindungan anak (KPAI) sebanyak 369 pengaduan. Perilaku bullying ini dapat memberikan dampak negatif pada anak khususnya pada perkembangan psikososial anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku Bullying pada anak kelas 5 di SDN 016 Dr. Cipto Pajajaran Kota Bandung. Pada penelitian ini juga digambarkan bagaimana terjadinya perilaku bullying di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yang dilakukan kepada 115 siswa kelas 5 pada tanggal 11 – 13 April secara online dimana sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner OBVQ yang telah di terjemahkan, dimodifikasi oleh peneliti dan dilakukan uji validitas isi, lalu di analisis dan disajikan dalam tabel frekuensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak kelas 5 yang mengalami perilaku bullying 81.7%, laki - laki mengalami perilaku bullying lebih tinggi 52.1% dibanding perempuan, responden yang mengalami perilaku bullying berperan sebagai penonton 44.3%, jenis perilaku bullying psikologis 74.4%, sebagian besar mengalami perilaku bullying di kelas 72.4% dan pada saat Istirahat 74.5%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar anak kelas 5 mengalami perilaku bullying. Direkomendasikan kepada Guru BK di Sekolah untuk bisa memberikan konseling kepada siswa/i mengenai bagaimana cara melakukan pencegahan agar siswa tidak mengalami perilaku bullying. Kata Kunci : Anak Usia Sekolah, Perilaku Bullying. Daftar Pustaka : 36 (2002 – 2020)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 613.6 Topik-topik Khusus tentang Kesehatan dan Keselamatan B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Jurusan Keperawatan Bandung > D III |
Depositing User: | Miss Sifa Nova Rahmawati |
Date Deposited: | 09 Dec 2020 09:14 |
Last Modified: | 09 Dec 2020 09:14 |
URI: | http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/1644 |
Actions (login required)
View Item |