PENGARUH PENYULUHAN GIZI MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN SIKAP DAN PERILAKU TERKAIT SARAPAN PAGI ANAK DI SD NEGERI PASIRKALIKI MANDIRI 2

Thoybah, Zuriatun and Rahmat, Mamat and Mahmudah, Umi and Gumilar, Mulus (2024) PENGARUH PENYULUHAN GIZI MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN SIKAP DAN PERILAKU TERKAIT SARAPAN PAGI ANAK DI SD NEGERI PASIRKALIKI MANDIRI 2. Undergraduate thesis, Poltekkes Kemenkes Bandung.

[img] Text
kata pengantar.pdf

Download (68kB)
[img] Text
bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (54kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (156kB)
[img] Text
bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
bab vi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
daftar tabel.pdf

Download (37kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (112kB)
[img] Text
bab vii.pdf

Download (9kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (44kB)
[img] Text
daftar gambar.pdf

Download (5kB)
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
daftar lampiran.pdf

Download (11kB)
[img] Text
PERNYATAAN PENGESAHAN.pdf

Download (245kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (232kB)

Abstract

Sarapan pagi sangat penting dalam memenuhi pola makan sehat berpedoman pada gizi seimbang. Jarangnya mengkonsumsi sarapan pagi bagi anak sekolah dapat mengakibatkan berbagai penyakit degeneratif dan efek lainnya yang dapat timbul secara langsung atau berkepanjangan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan penyuluhan gizi menggunakan media ular tangga dan tanpa media ular tangga terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku pada siswa SD kelas 5. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimental dengan pre-test dan post-test kelompok kontrol untuk membandingkan efek penyuluhan gizi dengan dan tanpa permainan ular tangga. Sampel terdiri dari 40 siswa dari SDN Pasirkaliki Mandiri 2, yang dibagi menjadi kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui kuesioner (untuk pengetahuan), angket (untuk sikap), dan recall 24 jam (untuk perilaku). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyuluhan gizi menggunakan permainan ular tangga secara signifikan meningkatkan pengetahuan (p = 0.001), sikap (p < 0.001), dan perilaku (p < 0.001) siswa terhadap sarapan. Uji t independen menunjukkan perbedaan signifikan dalam pengetahuan dan perilaku antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p < 0.001), sedangkan uji Mann-Whitney menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan dalam sikap (p > 0.001). Penelitian ini menyimpulkan bahwa permainan ular tangga adalah alat yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku siswa mengenai sarapan, meskipun dampaknya terhadap sikap kurang jelas. Disarankan agar sekolah melanjutkan program penyuluhan gizi semacam ini untuk mendorong kebiasaan sarapan pagi yang teratur di kalangan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 610 Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan
Divisions: Jurusan Gizi > D IV
Depositing User: Ms. ZURIATUN THOYBAH
Date Deposited: 21 Aug 2024 04:30
Last Modified: 21 Aug 2024 04:30
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/12404

Actions (login required)

View Item View Item