Hubungan Tingkat Kepuasan Pelayanan Makanan dengan Sisa Makanan Lunak Pada Penyelenggaraan RSUD Al Ihsan Bandung

Rahayu, Deliana R and Hapsari, Agustina Indri and Rosmana, Dadang and Mahmudah, Umi (2021) Hubungan Tingkat Kepuasan Pelayanan Makanan dengan Sisa Makanan Lunak Pada Penyelenggaraan RSUD Al Ihsan Bandung. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.

[img] Text
cover.pdf

Download (224kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
BAB VII.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (187kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (366kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PENGUJI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (256kB)

Abstract

ABSTRAK Rahayu, Deliana R. 2021. Hubungan Tingkat Kepuasan Pelayanan Makanan dengan Sisa Makanan Lunak Pada Penyelenggaraan RSUD Al Ihsan Bandung. Skripsi. Program Studi Gizi dan Dietetika Program Sarjana Terapan. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung. Pembimbing : Agustina Indri H, SST, M.Gizi Dalam standar pelayanan minimal rumah sakit ditetapkan bahwa indikator standar pelayanan gizi meliputi, ketepatan pemberian diet (100%), ketepatan waktu pemberian makanan pada pasien (≥90%), dan sisa makanan (≤20%). Beberapa Rumah Sakit sudah mulai mengembangkan kepuasan pasien dengan indikator mutu. Mutu pelayanan gizi di Rumah Sakit merupakan bentuk pelayanan yang harus diperhatikan dan diharapkan dapat mempercepat kesembuhan pasien. Keberhasilan dari penyelenggaraan makanan di Rumah Sakit dapat dilihat dari kepuasan pasien. Kepuasan pelayanan makanan dapat dinilai dari berbagai aspek diantaranya, rasa, penampilan dan ketepatan waktu penyajian makanan. Jika pasien merasa puas terhadap semua aspek tersebut, maka sisa makanan yang tidak dihabiskan oleh pasien sedikit atau kurang dari 20%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepuasan pelayanan makanan dengan sisa makanan lunak pada penyelenggaraan makanan RSUD Al Ihsan Bandung. Desain penelitian menggunakan cross sectional dan jumlah responden sebanyak 30 orang. Variabel Kepuasan Pelayanan Makanan diukur menggunakan kuesioner dan variabel sisa makanan diukur dengan metode food weighing. Analisis statistik yang digunakan yaitu menggunakan uji kolerasi r pearson. Hasil pengukuran rata-rata sisa makanan didapatkan makanan pokok sebanyak 27%, lauk hewani sebanyak 23%, lauk nabati sebanyak 22%, sayur sebanyak 45%, dan buah sebanyak 6% sedangkan rata-rata sisa makanan secara keseluruhan sebanyak 24%. Analisis hubungan kepuasan pelayanan makanan dengan sisa makanan menunjukkan keeratan yang kuat (r=-0,571) dan ada hubungan yang bermakna antara kepuasan pelayanan makanan dengan sisa makanan lunak (p=0,01). Kata Kunci : Kepuasan Pelayanan Makanan, Sisa Makanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Jurusan Gizi > D IV
Depositing User: Miss Deliana Rahmi Rahayu
Date Deposited: 14 Oct 2022 07:31
Last Modified: 14 Oct 2022 07:31
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/3085

Actions (login required)

View Item View Item