Rahayu, Deliana R and Hapsari, Agustina Indri and Rosmana, Dadang and Mahmudah, Umi (2021) Hubungan Tingkat Kepuasan Pelayanan Makanan dengan Sisa Makanan Lunak Pada Penyelenggaraan RSUD Al Ihsan Bandung. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.
Text
cover.pdf Download (224kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (285kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (305kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
|
Text
BAB VII.pdf Download (191kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (181kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (184kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (187kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (366kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PENGUJI.pdf Download (196kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (256kB) |
Abstract
ABSTRAK Rahayu, Deliana R. 2021. Hubungan Tingkat Kepuasan Pelayanan Makanan dengan Sisa Makanan Lunak Pada Penyelenggaraan RSUD Al Ihsan Bandung. Skripsi. Program Studi Gizi dan Dietetika Program Sarjana Terapan. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung. Pembimbing : Agustina Indri H, SST, M.Gizi Dalam standar pelayanan minimal rumah sakit ditetapkan bahwa indikator standar pelayanan gizi meliputi, ketepatan pemberian diet (100%), ketepatan waktu pemberian makanan pada pasien (≥90%), dan sisa makanan (≤20%). Beberapa Rumah Sakit sudah mulai mengembangkan kepuasan pasien dengan indikator mutu. Mutu pelayanan gizi di Rumah Sakit merupakan bentuk pelayanan yang harus diperhatikan dan diharapkan dapat mempercepat kesembuhan pasien. Keberhasilan dari penyelenggaraan makanan di Rumah Sakit dapat dilihat dari kepuasan pasien. Kepuasan pelayanan makanan dapat dinilai dari berbagai aspek diantaranya, rasa, penampilan dan ketepatan waktu penyajian makanan. Jika pasien merasa puas terhadap semua aspek tersebut, maka sisa makanan yang tidak dihabiskan oleh pasien sedikit atau kurang dari 20%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepuasan pelayanan makanan dengan sisa makanan lunak pada penyelenggaraan makanan RSUD Al Ihsan Bandung. Desain penelitian menggunakan cross sectional dan jumlah responden sebanyak 30 orang. Variabel Kepuasan Pelayanan Makanan diukur menggunakan kuesioner dan variabel sisa makanan diukur dengan metode food weighing. Analisis statistik yang digunakan yaitu menggunakan uji kolerasi r pearson. Hasil pengukuran rata-rata sisa makanan didapatkan makanan pokok sebanyak 27%, lauk hewani sebanyak 23%, lauk nabati sebanyak 22%, sayur sebanyak 45%, dan buah sebanyak 6% sedangkan rata-rata sisa makanan secara keseluruhan sebanyak 24%. Analisis hubungan kepuasan pelayanan makanan dengan sisa makanan menunjukkan keeratan yang kuat (r=-0,571) dan ada hubungan yang bermakna antara kepuasan pelayanan makanan dengan sisa makanan lunak (p=0,01). Kata Kunci : Kepuasan Pelayanan Makanan, Sisa Makanan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Jurusan Gizi > D IV |
Depositing User: | Miss Deliana Rahmi Rahayu |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 07:31 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 07:31 |
URI: | http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/3085 |
Actions (login required)
View Item |