Pengembangan Media Promosi Kesehatan Merchandise Kipas Mengenai Gizi Seimbang Bagi Remaja di Kota Bandung Tahun 2021

Fatima, Melati Nur and Lestari, Febri Sri and Sudiyat, Rahmat and Rizqi, M. Aris (2021) Pengembangan Media Promosi Kesehatan Merchandise Kipas Mengenai Gizi Seimbang Bagi Remaja di Kota Bandung Tahun 2021. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Lembar Pengesahan.pdf

Download (52kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (66kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (52kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (71kB)
[img] Text
Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah.pdf

Download (290kB)

Abstract

Gizi seimbang pada remaja menjadi permasalahan utama saat ini, yang disebabkan oleh pola hidup sehat. Upaya yang dapat dilakukan oleh promotor kesehatan adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan gizi menggunakan media. Pengembangan Media Merchandise Kipas Mengenai Gizi Seimbang Bagi remaja merupakan salah satu sarana untuk membantu dan memudahkan remaja dalam edukasi kesehatan gizi yang bervariasi untuk mendapatkan informasi secara berulang-ulang serta menarik minat agar semangat dalam belajar yang merupakan alasan untuk melatar belakangi penelitian pengembangan ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menilai kelayakan media merchandise kipas mengenai gizi seimbang bagi remaja. Penelitian yang digunakan model pengembangan ADDIE menurut Robert Maribe Branch yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implement (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media promosi kesehatan merchandise kipas mengenai gizi seimbang bagi remaja dari segi media yaitu warnanya cerah menarik, terdapat gambar yang dapat membantu memahami, font dan ukuran sesuai karakter remaja. Dari segi materi yaitu isi materi yang singkat, padat, jelas dan bahasa sederhana. Kesimpulan media merchandise kipas sangat layak digunakan sebagai media edukasi gizi seimbang bagi remaja di Kota Bandung. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase validasi ahli materi dengan skor 86,7%, validasi ahli media dengan skor 96,4% dan responden remaja dengan skor 90,8%. Dengan demikian, rekomendasi dalam penelitian ini sebaiknya dapat melakukan uji lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas atau pengaruh penggunaan media merchandise kipas mengenai gizi seimbang bagi remaja. Kata kunci : Gizi Seimbang, Merchandise Kipas, Pengembangan Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Jurusan Promosi Kesehatan > D IV
Depositing User: Miss Melati Nur Fatima
Date Deposited: 14 Oct 2022 07:22
Last Modified: 14 Oct 2022 07:22
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/2776

Actions (login required)

View Item View Item