Pengaruh Pemberian Penyuluhan Gizi Melalui Media Augmented Reality Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Perubahan Sikap Tentang Gizi Seimbang Pada Siswa Di SMAN 2 Pagaden Subang.

Qurratul'Aini, Ghina and Rosmana, Dadang and Surmita, Surmita and Fred Agung S, Fred (2024) Pengaruh Pemberian Penyuluhan Gizi Melalui Media Augmented Reality Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Perubahan Sikap Tentang Gizi Seimbang Pada Siswa Di SMAN 2 Pagaden Subang. Undergraduate thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (116kB)
[img] Text
Pernyataan Persetujuan.pdf

Download (478kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
BAB 7.pdf

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKAA.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Surat Pernyataan.pdf

Download (631kB)

Abstract

Data riset kesehatan dasar provinsi Jawa Barat (Riskesdas, 2018) status gizi (IMT/U) remaja usia 16-18 tahun yaitu kurus 5,61%. Salah satu penyebab status gizi kurus yaitu kurangnya pengetahuan tentang gizi seimbang, diperlukan penyuluhan tentang gizi seimbang untuk meningkatkan pengetahuan dan perubahan sikap pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan tentang gizi seimbang menggunakan media augmented reality terhadap pengetahuan dan sikap siswa terkait gizi seimbang di SMAN 2 Pagaden Subang. Desain penelitian adalah quasy experiment dengan pre-post test with control group design. Teknik sampling yaitu Purposive Sampling, jumlah sampel 42 orang terdiri dari 21 orang kelompok perlakuan dan 21 orang kelompok kontrol. Dengan analisis uji t-dependent, uji Wilcoxon, Uji Independent-t, dan Uji Mann Whitney. Hasil penelitian ada pengaruh media augmented reality terhadap pengetahuan (p=0,000) dan sikap (p=0,000) pada siswa. Tidak ada perbedaan perubahan rata-rata pengetahuan pada kelompok perlakuan dan kontrol (p=0,736) dan ada perbedaan perubahan ratarata sikap pada kelompok perlakuan dan kontrol (p=0,039). Pemberian penyuluhan gizi seimbang disarankan pihak sekolah memperluas kepada seluruh siswa dan mendapatkan lanjutan secara berkala dengan berkoordinasi dengan kegiatan dan program sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 613.2 Diet, Ilmu Diet
Divisions: Jurusan Gizi > D IV
Depositing User: Ms. GHINA QURRATULAINI
Date Deposited: 14 Aug 2024 07:55
Last Modified: 14 Aug 2024 07:55
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/11776

Actions (login required)

View Item View Item