Saputra, Muhamad Dava and HALIMAH, SITI NUR (2022) PENERAPAN TERAPI BERMAIN PUZZLE UNTUK MENGURANGI KECEMASAN PADA ANAK USIA SEKOLAH (6-12 TAHUN ) AKIBAT VAKSINASI COVID-19 DI SDN NEGLASARI 02 KABUPATEN BOGOR. Diploma thesis, Politeknik kesehatan kemenkes bandung.
Text
COVER.pdf Download (19kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (90kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (124kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (104kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (60kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (32kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (157kB) |
|
Text
LAMPIRAN BIMBINGAN.pdf Download (141kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf Download (96kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (207kB) |
Abstract
Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bandung Program Studi DIII Keperawatan Bogor. Muhamad Dava Saputra P17320319030 Penerapan Terapi Bermain Puzzle Untuk Mengurangi Kecemasan Pada Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun ) Akibat Vaksinasi Covid-19 Di SDN Neglasari 02 Kabupaten Bogor ABSTRAK Latar Belakang : Anak usia sekolah merupakan anak yang sedang aktif bermain di dunia luar, aktivitas mereka yang aktif membuat anak mudah terlular penyakit maupun virus terutama pada masa pandemi covid-19. Demi mencegah penyebaran covid-19 dilakukan vaksinasi termasuk untuk anak usia sekolah. Vaksinasi yang diberikan kepada anak usia sekolah akan membuat anak merasa takut dan cemas terhadap rasa sakit yang dirasakan. Kecemasan yang terjadi pada anak usia sekolah dapat ditangani dengan terapi bermain Tujuan : mengurangi kecemasan terhadap vaksinasi covid- 19 pada anak usia sekolah (6-12 tahun). Metode : Penelitian ini menggunakan metode studi kasus deskriptif. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampling yang digunakan yaitu Teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling (Teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan atau tujuan tertentu). Hasil : Berdasarkan hasil 5 responden didapatkan sebelum diberikan intervensi terapi bermain puzzle 3 responden dengan cemas sedang dan 2 responden dengan cemas ringan Setelah diberikan intervensi terapi bermain puzzle 5 responden mengalami penurunan jumlah skor kecemasan dengan kecemasan sedang. Simpulan : terapi bermain puzzle pada Anak Sekolah dapat menurunkan skor kecemasan terhadap vaksinasi covid-19. Rekomendasi : Terapi bermain puzzle dapat dijadikan salah satu terapi untuk mengurangi kecemasan, dan dapat dilakukan secara mandiri dengan teratur untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak. Serta di harapkan untuk peneliti selanjutnya dapat meneliti dengan responden yang lebih banyak dan waktu yang lebih panjang sehingga hasil penelitian akan menjadi lebih akurat Kata Kunci : Anak usia sekolah, covid-19,vaksinasi, kecemasan, terapi bermain Sumber : 17 sumber dari tahun 2000 sampai 2021
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 610 Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan |
Divisions: | Jurusan Keperawatan Bogor > D III |
Depositing User: | Muhamad Dava Saputra |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 03:48 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 03:48 |
URI: | http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/5173 |
Actions (login required)
View Item |