PENERAPAN BRAIN GYM DALAM STIMULASI PERKEMBANGAN KOORDINASI MOTORIK KASAR ANAK TODDLER DI RT 03 RW 04 KELURAHAN CIPARIGI KOTA BOGOR

Permana, Chandra and Ita, Pursitasari (2024) PENERAPAN BRAIN GYM DALAM STIMULASI PERKEMBANGAN KOORDINASI MOTORIK KASAR ANAK TODDLER DI RT 03 RW 04 KELURAHAN CIPARIGI KOTA BOGOR. Diploma thesis, poltekkes Kemenkes Bandung.

[img] Text
Judul Chandra.pdf

Download (49kB)
[img] Text
Judul Chandra 2.pdf

Download (50kB)
[img] Text
SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] Text
Abstrak Chandra.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Daftar Isi Chandra.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB 1 Chandra.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Bab 2 Chandra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
Bab 3 Chandra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
Bab 4 Chandra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
Bab 5 Chandra.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Chandra.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Lampiran Chandra.pdf

Download (648kB)

Abstract

Latar Belakang Metode senam otak bertujuan untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan belajar melalui koordinasi gerakan mata, tangan, dan tubuh. Metode ini juga membantu mereka mengembangkan reflek primitif yang disebabkan oleh keterbatasan kognitif dan motorik Tujuan dari dilakukan penerapan brain gym ini adalah untuk mengetahui menstimulus motorik kasar pada anak toddler dengan rangkaianngerakan yang sistematis.Metode penelitian yang gunakan adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Jumlah responden 3 anak toddler. Data diperoleh dengan wawancara,intervensi, observasi, dan dokumentasi. Hasil studi kasus ini menunjukkan bahwa setelah 6 kali pertemuan ke 2 responden mengami peningkatan perkembangan motorik kasar. Rata-rata Tingkat kemandirian dengan skor 3 (mulai berkembang) dan meningkat setelah dilakukan intervensi brain gym dengan skor 4 (berkembang sangat baik) maka terjadinya peningkatan sekitar 1 skor pada ke 2 responden tersebut. Kesimpulan dengan dilakukannya brain gym ini memberikan efek yang baik untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar pada anak toddler. Rekomendasi diharapkan dengan penelitian ini mengenai brain gym dapat direkomendasikan dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar pada anak toddler.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan
Divisions: Jurusan Keperawatan Bogor > D III
Depositing User: CHANDRA PERMANA
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:41
Last Modified: 05 Sep 2024 04:41
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/12934

Actions (login required)

View Item View Item