PENERAPAN EDUKASI GOSOK GIGI DENGAN METODE VIDIO TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK DOWN SYNDROME DI SDLB TUNAS KASIH KOTA BOGOR

Syifa, Dewwy Laras and Ita, Pursitasari (2024) PENERAPAN EDUKASI GOSOK GIGI DENGAN METODE VIDIO TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK DOWN SYNDROME DI SDLB TUNAS KASIH KOTA BOGOR. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Bandung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (413kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (574kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (390kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (392kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (496kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang Edukasi Gosok gigi merupakan pembelajaran yang bertujuan untuk mengubah aspek kognitif, afektif, keterampilan dan keahlian. Serta memberikan kesempatan kepada peserta terutama pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) salah satunya down syndrome untuk berpartisipasi aktif dalam pelatihan, serta mempraktekkan keterampilan mereka sendiri. Tujuan penerapan edukasi gosok gigi ini adalah untuk mengetahui mengetahui gambaran penerapan edukasi gosok gigi dengan metode video terhadap kemandirian anak down syndrome di SLB Tunas Kasih Kota Bogor. Metode penelitian yang gunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Jumlah responden 4 anak dengan down syndrome. Data diperoleh dengan wawancara, edukasi, observasi, dan dokumentasi. Hasil studi kasus ini menunjukkan bahwa setelah 6 kali pertemuan ke 4 responden mengalami tingkat kemandirian. Rata-rata Tingkat kemandirian dengan skor 4 dan 5 (tidak mandiri) dan meningkat setelah dilakukan edukasi dengan metode vidio menjadi skor 6, 7, dan 8 (mandiri) maka terjadinya peningkatan sekitar 1 sampai 3 skor pada ke 4 responden tersebut. Kesimpulan dengan dilakukannya edukasi gosok gigi ini memberikan efek yang baik untuk meningkatkan kemandirian pada anak down syndrome. Rekomendasi diharapkan dengan penelitian ini mengenai edukasi gosok gigi dapat direkomendasikan dalam meningkatkan kemandirian anak down syndrome.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan
Divisions: Jurusan Keperawatan Bogor > D III
Depositing User: DEWWY LARAS SYIFA
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:56
Last Modified: 12 Aug 2024 04:56
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/11464

Actions (login required)

View Item View Item