PENERAPAN TERAPI MINDFULNESS UNTUK MENURUNKAN ADIKSI GAME ONLINE PADA REMAJA DI SMP YZA 2 KOTA BOGOR

Mumtahanatul Hasanah, Hanna and Nuraeni, Ati (2024) PENERAPAN TERAPI MINDFULNESS UNTUK MENURUNKAN ADIKSI GAME ONLINE PADA REMAJA DI SMP YZA 2 KOTA BOGOR. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Bandung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (70kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (67kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (495kB)

Abstract

Latar belakang. Pada masa kini penggunaan game online sangat disegani karena game online adalah jenis aplikasi yang sering digunakan oleh para remaja, model intervensi untuk mengurangi adiksi game online, menggunakan terapi mindfulness yaitu keadaan memusatkan pikiran dengan kesadaran penuh terhadap apa yang dialami oleh suatu individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan terapi mindfulness dapat menurunkan adiksi game online pada remaja Di SMP YZA 2 di Kota Bogor. Metode. yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan desain studi kasus, subjek yang diambil yaitu remaja umur 13-15 tahun berjumlah 5 responden dengan tingkat adiksi ringan-adiksi sedang, teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling dan teknik purposive sampling, setelah itu menggunakan alat ukur Game Addiction scale (GAS). Hasil penelitian. Setelah dilakukan terapi mindfulness sebanyak 6 kali selama 2 pekan, bahwa sebelum terapi mindfulness, hasil skor Game Addiction Scale (GAS) tingkat adiksi responden dengan rentang 14-21poin (adiksi ringan-sedang), setelah dilakukan terapi mindfulness terhadap 5 responden, hasilnya menunjukkan setiap responden mengalami penurunan sebanyak 2-7 poin. Kesimpulan. Penanganan adiksi game pada remaja melalui intervensi mindfulness selama 6 kali pertemuan terbukti efektif dan mampu menurunkan skor rata-rata adiksi remaja secara bertahap. Rekomendasi. Hasil penelitian ini dapat dijadikan pegangan bagi guru BK sekolah untuk mengatasi masalah siswa yang mengalami adiksi game online, sehingga cara ini dapat diterapkan dengan baik oleh pihak sekolah. Kata Kunci : Adiksi, Game Online, Terapi Mindfulness. Daftar Pustaka : 37 Sumber (2016-2024).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan
Divisions: Jurusan Keperawatan Bogor > D III
Depositing User: HANNA MUMTAHANATUL HASANAH
Date Deposited: 08 Aug 2024 01:35
Last Modified: 08 Aug 2024 01:35
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/11229

Actions (login required)

View Item View Item