PENGARUH PUZZLE PLAY TERHADAP SOSIOEMOSIONAL DAN KETRAMPILAN SOSIAL ANAK TUNARUNGU USIA SEKOLAH DI SLB-B KOTA BOGOR

Ningning, Sri Ningsih and Ida, Farida (2020) PENGARUH PUZZLE PLAY TERHADAP SOSIOEMOSIONAL DAN KETRAMPILAN SOSIAL ANAK TUNARUNGU USIA SEKOLAH DI SLB-B KOTA BOGOR. Poltekkes Kemenkes Bandung.

[img] Text
Laporan Akhir riset anak Tunarungu'20 .pdf

Download (701kB)

Abstract

Tunarungu adalah hilangnya kemampuan pendengaran seseorang, baik itu sebagian (hard of hearing) maupun seluruhnya (deaf). Hal tersebut menyebabkan kemampuan pendengaran orang itu tidak berfungsi. Kehilangan pendengaran pada anak tunarungu usia sekolah menyebabkan egosentrisme yang melebihi anak normal, mempunyai perasaan takut akan lingkungan yang lebih luas sehingga mengakibatkan masalah perkembangan sosioemosional, Kemampuan anak dalam berkomunikasi akan sangat mempengaruhi ketrampilan dalam bersosialisasi. Ketrampilan sosial, merupakan kemampuan mengatasi segala permasalahan yang timbul sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungan. Perkembangan social emosional dan ketrampilan sosial anak tunarungu dapat dioptimalkan dengan metode atau permainan, salah satunya bermain puzzle dimana permainan puzzle pada anak usia sekolah Permainan puzzle dilaksanakan 2x/mimggu dengan lama waktu 60 mnt/pertemuan, selama 5 minggu dengan berbagai jenis puzzle sesuai kesukaan anak. Penelitian desain quasi eksperimen pre – post test with control group dengan intervensi permainan puzzle. Desain ini melibatkan dua kelompok subjek, satu diberi perlakuan eksperimen dan kelompok control tidak diberi perlakuan khusus. Jumlah responden masing-masing 32 baik untuk kelompok control maupun intervensi dan tehnik pengambilan dengan purposive sampling. Hasil menunjukan ada pengaruh ketrampilan social sebelum dan sesudah bermain punzzle pada kelompok control dan intervensi. Pada status emosionaal tidak ada pengaruh sebelum dan sesudah bermain puzzle pada keompok intervensi (p=0.18) dan control (0.10). Sedangkan ada pengaruh bermain puzzle terhadap pro social (0.0) sebelum dan sesudah pada kelompok intervensi sedang pada kelompok control tidak ada pengaruh bermain puzzle terhadap prosial (0.26)

Item Type: Other
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan
Divisions: Jurusan Keperawatan Bogor > D III
Depositing User: Ida Farida
Date Deposited: 19 May 2023 06:11
Last Modified: 19 May 2023 06:11
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/7206

Actions (login required)

View Item View Item