Peer review_ PENGARUH REKAYASA MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TERHADAP POLA PEMBERIAN ASI

Fauzia Djamilus, Djamilus and Wahyuni, Sri and Sri Mulyati, Sri Mulyati and Maya Astuti, Maya (2022) Peer review_ PENGARUH REKAYASA MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TERHADAP POLA PEMBERIAN ASI. JURNAL RISET KESEHATAN POLTEKKES DEPKES BANDUNG.

[img] Text
REKAYASA-2.pdf

Download (320kB)
Official URL: https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v14i1.2067

Abstract

ABSTRAK Target pencapaian pemberian ASI eksklusif pada tahun 2025 secara global adalah 50%, Cakupan ASI eksklusif ditargetkan di tahun 2017 adalah 44%. Namun, capaian ASI eksklusif, hanya sebesar 35,7%. Di Jawa Barat, capaian ASI eksklusif tahun sebesar 46,4%. Menurut Laporan Bulanan LB3, capaian pemberian ASI ekslusif tahun 2017 di Kota Bogor sebesar 49,5 % . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rekayasa pemberdayaan masyarakat terhadap pola pemberian ASI. Disain yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan pendekatan Non-Equivalen Group Design. Populasi penelitian yaitu Ibu Hamil Trimester 3, Pendamping Keluarga, Bidan/Perawat/Ahli Gizi dan Kader dengan jumlah sampel masing-masing segment 60. Intervensi yang diberikan adalah edukasi pada 4 segment dalam bentuk kelas edukasi ASI. Untuk mengetahui peningkatan pengetahuan ASI dan pemberdayaan dan pola pemberian ASI pada tiap segment, maka diuji dengan wilcoxon test. Untuk mengetahui pengaruh rekayasa pemberdayaan masyarakat terhadap pola pemberian ASI, diuji di analisi dengan uji Mann Withney. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan pengetahuan ibu hamil, pendamping, kader dan nakes setelah mengikuti edukasi. Terdapat pengaruh edukasi terhadap pola pemberian ASI.

Item Type: Other
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan
Divisions: Jurusan Kebidanan Bogor > D III
Depositing User: Mr. Anggi Oktaviana
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:06
Last Modified: 30 Jan 2023 04:06
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/6709

Actions (login required)

View Item View Item