Pengaruh Pendidikan gizi dengan metode peer education terhadap perubahan pengetahuan dan konsumsi makan gizi seimbang pada remaja di Kabupaten Lebak

Dwi Oktaviani, Frisila and Moviana, Yenny and Agung S, Fred and Priawanti Putri, Witri (2024) Pengaruh Pendidikan gizi dengan metode peer education terhadap perubahan pengetahuan dan konsumsi makan gizi seimbang pada remaja di Kabupaten Lebak. Undergraduate thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Abstak.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 7.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah.pdf

Download (257kB)

Abstract

Masalah gizi pada remaja meliputi gizi kurang sampai obesitas. Perubahan pengetahuan dan konsumsi makan gizi seimbang pada remaja perlu dilakukan dengan pendekatan sesuai dengan karakteristik remaja. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pendidikan gizi menggunakan metode peer education terhadap pengetahuan dan konsumsi makan remaja. Metode penelitian quasy experimental dengan desain penelitian two group pre-test and post-test. Total sampel sebanyak 60 orang, terbagi dalam 30 orang pada kelompok perlakuan dan 30 orang pada kelompok kontrol yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Pendidikan gizi dilakukan sebanyak 4 kali dalam satu minggu. Data yang dikumpulkan meliputi pengetahuan gizi seimbang dan asupan energi, protein, lemak dan karbohidrat. Berdasarkan uji man whitney didapatkan adanya perbedaan pengaruh metode peer education dan metode ceramah terhadap pengetahuan gizi seimbang pada remaja (p=0,000). Uji man whitney dan T independent menunjukkan tidak ada perbedaan pengaruh metode peer education dan metode ceramah terhadap konsumsi makan (energi, protein, lemak dan karbohidrat) pada remaja (p=0,918, p=0,408, p=652, p=0,602 atau p>0,05). Penelitian selanjutnya dapat melakukan pendidikan gizi berfokus pada 4 pilar gizi seimbang dengan waktu yang lebih lama untuk melihat efektifitas edukasi gizi seimbang terhadap pengetahuan dan konsumsi makan (asupan energi, protein, lemak dan lemak).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 613.2 Diet, Ilmu Diet
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 614 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Divisions: Jurusan Gizi > D IV
Depositing User: Ms. FRISILA DWI OKTAVIANI
Date Deposited: 19 Aug 2024 01:23
Last Modified: 19 Aug 2024 01:23
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/12275

Actions (login required)

View Item View Item