Widiawati, Ida and Mulyati, Sri (2021) Pengembangan Peer Model dalam Kelas Keluarga Berencana (Kb) di Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Project Report. Poltekkes Kemenkes Bandung Jurusan Farmasi, Bandung. (Unpublished)
Text
10. Pengembangan Peer Model dalam Kelas KB di Kec. Rancaekek Kab. Bandung_Ida_Sri Mulyati.pdf Download (743kB) |
Abstract
Pasangan Usia Subur (PUS) di Indonesia yang memilih menggunakan IUD masih rendah. PUS banyak menggunakan metode lain yang merupakan metode kontrasepsi jangka pendek seperti suntikan dan pil. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhinya seperti pengetahuan, sikap, mitos, dukungan sosial. Hasil penelitian terdapat pengaruh peer grup pendidikan kesehatan terhadap motivasi ibu menggunakan kontrasepsi IUD. Oleh karena itu diadakan pengabdian masyarakat skema PKM yang bertujuan untuk membentuk peer model dalam KB. Desain yang digunakan adalah Program didesain dalam bentuk kemitraan wilayah di lingkungan wilayah kerja Puskesmas Rancaekek agar memiliki kemandirian dalam memecahkan masalah sendiri dalam hal masalah kesehatan KB. Mitra 1 adalah kader kesehatan dan mitra 2 adalah masyarakat akseptor KB di wilayah Rancaekek. Kegiatan yang telah dilaksanakan seluruhnya baik perizinan, sosialisasi kegiatan, pre tes penyampaian materi, pemberian materi, pendampingan dan post test. Hasil kegiatan menunjukkan hasil terdapat peningkatan pengetahuan setelah dilaksanakan pengabmas pada mitra 1 dan mitra 2. Terdapat peningkatan keterampilan penyuluhan dan membuat media penyuluhan pada mitra 1
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 614 Ilmu Kesehatan Masyarakat 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 618 Ginekologi dan Obstetri |
Divisions: | Jurusan Kebidanan Bandung > D III |
Depositing User: | miss Kurniaty Ulfah |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 06:45 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 06:45 |
URI: | http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/10167 |
Actions (login required)
View Item |