PENGARUH PENDIDIKAN GIZI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU SAKU TERHADAP ASUPAN PROTEIN DAN ZAT BESI PADA REMAJA PUTRI DI SMKN 11 BANDUNG

Dwiayu, Anisya Rezky and Par'i, Holil M and Fauziyah, Roro Nur and Aminah, Mimin (2020) PENGARUH PENDIDIKAN GIZI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU SAKU TERHADAP ASUPAN PROTEIN DAN ZAT BESI PADA REMAJA PUTRI DI SMKN 11 BANDUNG. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.

[img] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (71kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text
5. LEMBAR PERSETUJUAN PENGUJI.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text
3. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text
13. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
11. BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
12. BAB VII.pdf - Published Version

Download (47kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf - Published Version

Download (578kB)

Abstract

Dwiayu, Anisya Rezky. 2020. Pengaruh Pendidikan Gizi Menggunakan Media Buku Saku Terhadap Asupan Protein Dan Zat Besi Pada Remaja Putri Di SMKN 11 Bandung. Skripsi. Program Studi Diploma 4 Gizi. Jurusan Gizi. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung. Pembimbing: Holil M. Par’i, SKM, M.Kes. Pemberian pendidikan gizi kepada remaja putri menjadi alternatif untuk meningkatkan asupan protein dan zat besi dalam upaya pencegahan anemia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi menggunakan media buku saku terhadap asupan protein dan zat besi pada remaja putri di SMKN 11 Bandung. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental with control group pre and post-test design. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Analisis statistik menggunakan Paired Samples T-test, Wilcoxon, Independent Samples T-test, dan Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan Ada pengaruh Pendidikan gizi menggunakan media buku saku terhadap asupan protein (p=0,000) dan zat besi (p=0,000) pada kelompok perlakuan. Tidak ada pengaruh Pendidikan gizi menggunakan power point terhadap asupan protein (p=0,326) dan zat besi (p=0,52) pada kelompok kontrol. Secara statistik menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara asupan protein (p=0,003) dan zat besi (p=0,023) pada kelompok perlakuan dan kontrol setelah dilakukan Pendidikan gizi. Pendidikan gizi menggunakan media buku saku terbukti bisa meningkatkan asupan protein dan zat besi pada remaja putri. Disarankan agar UKS dan kemahasiswaan bekerjasama untuk melakukan Pendidikan gizi secara rutin, agar informasi gizi yang disampaikan bisa diberikan kepada seluruh siswa di sekolah tersebut sebagai upaya pencegahan anemia gizi. Kata Kunci: Anemia, Asupan Protein, Asupan Zat Besi, Buku Saku, Pendidikan Gizi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 610 Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 613.2 Diet, Ilmu Diet
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 614 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Divisions: Jurusan Gizi > D IV
Depositing User: miss Anisya Rezky Dwiayu
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:25
Last Modified: 05 Aug 2020 04:25
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/88

Actions (login required)

View Item View Item