Pengaruh Metode Peer Education Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Tentang Anemia

Prihatiningsih, Septi and Priawantiputri, Witri (2021) Pengaruh Metode Peer Education Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Tentang Anemia. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (65kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Penguji.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
BAB VII.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah.pdf

Download (241kB)

Abstract

Prihatiningsih, Septi. 2021. Pengaruh Metode Peer Education Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Tentang Anemia. Skripsi. Program Studi Sarjana Terapan. Jurusan Gizi dan Dietetika, Politeknik Kesehaan Kemenkes Bandung. Pembimbing : Witri Priawantiputri, S.Gz, M.Gizi Masalah yang timbul pada remaja putri salah satunya adalah anemia. Perlu dilakukan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang anemia. Pendidikan kesehatan dapat dilakukan dengan metode peer eduation. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh metode peer education terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri tentang anemia di MAN Bandung Barat. Jenis penelitian adalah Quasi Eksperimental dengan design pre and post with control group. Sampel sebanyak 34 siswa , terdiri dari 17 siswa untuk metode peer education dan 17 siswa metode ceramah tanya jawab. Analisis data menggunakan uji Independent T-Test dan Mann Witney. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada kelompok perlakuan tidak terdapat pengaruh pengetahuan ( p = 0.124 ) dan sikap ( p = 0.284 ). Sedangkan pada kelompok kontrol menunjukan terdapat pengaruh penyuluhan menggunakan metode ceramah terhadap pengetahuan ( p = 0.004 ) dan tidak terdapat pengaruh pada sikap ( p = 0.077 ). Uji perbedaan rata rata pada kedua kelompok menunjukan tidak terdapat perbedaan rata rata nilai pengetahuan dengan p = (0.859) dan sikap p = (0.077). Kesimpulan metode peer education tidak efektif terhadap pengetahuan dan sikap anemia remaja putri. Kata Kunci : Metode ceramah, peer education, pengetahuan, sikap, remaja

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 613.2 Diet, Ilmu Diet
Divisions: Jurusan Gizi > D IV
Depositing User: Miss Septi Prihatiningsih
Date Deposited: 14 Oct 2022 07:58
Last Modified: 14 Oct 2022 07:58
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/3356

Actions (login required)

View Item View Item