PENERAPAN LATIHAN ASERTIF PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DENGAN RESIKO PERILAKU KEKERASAN DI RW 08 KELURAHAN BUBULAK KOTA BOGOR

Arini, Meidiana Novasha and Tantri, Widyarti Utami (2023) PENERAPAN LATIHAN ASERTIF PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DENGAN RESIKO PERILAKU KEKERASAN DI RW 08 KELURAHAN BUBULAK KOTA BOGOR. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Bandung.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)

Abstract

Masalah kekerasan pada anak merupakan permasalahan yang banyak terjadi di dunia, sehingga dapat dikatakan dunia saat ini sedang mengalami masa darurat kekerasan pada anak. Anak usia sekolah adalah anak yang berusia 6-12 tahun. Pada usia ini anak sangat aktif melakukan apa saja yang ada di lingkungan sekitarnya, anak memiliki daya ingat yang kuat sehingga perilaku negatif dari lingkungan sekitar akan berpengaruh terhadap perilaku anak. Maka dari itu anak usia sekolah sangat membutuhkan latihan asertif untuk mengatasi resiko perilaku kekerasan. Latihan asertif ini bertujuan untuk mampu mengungkapkan pikiran, mengekspresikan emosi, dan untuk memperoleh perilaku baru agar menyatakan dan menegaskan diri merupakan tindakan yang layak atau benar selama tidak menyakiti atau melanggar hak-hak orang lain. Metode penerapan ini merupakan penelitian studi kasus dengan desain penelitian deskriptif, pengambilan sampel menggunakan lembar kuesioner scale aggression buss and pery dengan jumlah 3 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan perilaku asertif pada anak usia sekolah sebesar 29%. Setelah dilakukan penerapan terapi latihan asertif terdapat perbedaan nilai pada ketiga anak, kemudian berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga anak usia sekolah mengalami penurunan resiko perilaku kekerasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan
Divisions: Jurusan Keperawatan Bogor > D III
Depositing User: Arini Meidiana Novasha
Date Deposited: 14 Jul 2023 08:18
Last Modified: 14 Jul 2023 08:18
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/8153

Actions (login required)

View Item View Item