Riham Siti, Rahmah and Siti Nur, Halimah (2023) Penerapan Edukasi Tentang Toilet Training Pada Ibu yang Memiliki Anak Todler (1-3 Tahun ) di RW 14 Kelurahan Katulampa Kota Bogor. Diploma thesis, POLTEKKES KEMENKES BANDUNG.
Text
COVER KTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (931kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN KTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
ABSTRACK KTI.pdf Download (14kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR KTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
|
Text
DAFTAR ISI KTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
|
Text
BAB I KTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
|
Text
BAB II KTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
Text
BAB III KTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
|
Text
BAB IV KTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
Text
BAB V KTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
Abstract
Anak todler (1-3 tahun) merupakan masa dimana anak tersebut memasuki fase anal menurut Sigmund Freud, dimana anak mulai memahami dunia sekitarnya dan mendapatkan kepuasan saat pengeluaran tinja. Anak mulai mengejar kemandirian dan memenuhi kebutuhan sendiri. Rerata anak yang berusia kurang dari 18 bulan sudah mulai melakukan toilet training sebanyak (44,7%). Jenis kelamin laki-laki adalah jumlah terbanyak yang sudah melakukan toilet training yaitu sebanyak (39,3%) (Denada, et al., 2015). Toilet training yang telat dikenalkan akan menjadikan anak terbiasa dengan mengompol dan akan mengganggu proses perkembangannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan dan sikap ibu dalam menerapkan toilet training pada anak usia todler (1-3 tahun). Metode yang digunakan dalam karya tulis ilmiah ini adalah desain studi kasus deskriptif. Hasil penerapan edukasi toilet training yang dilakukan pada tiga responden mengalami perubahan yang baik. Setelah dilakukannya penerapan edukasi, pengetahuan semua responden meningkat manjadi tinggi. Sikap dari ketiga responden juga mengalami perubahan yang awalnya belum menerapkan toilet training, setelah diberi edukasi berubah menjadi mulai rutin menerapkan dengan baik. Kesimpulan edukasi toilet training kepada ibu terbutkti dapat meningkatkan pengetahuan ibu dan merubah sikap ibu dari belum menerapkan sampai rutin menerapkan toilet training pada anaknya. Rekomendasi pentingnya toilet training diajarkan pada dan mencapai setiap tahap perkembangannya dengan maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 610 Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan |
Divisions: | Jurusan Keperawatan Bogor > D III |
Depositing User: | Riham Siti Rahmah |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 03:31 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 03:31 |
URI: | http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/8132 |
Actions (login required)
View Item |