Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien Di Poli Gigi Riksa Diri Kabupaten Bandung = Factors Influencing Of Patient’s Satisfaction Levels At Poli Gigi Riksa Diri Bandung Regency

Ardiani, Annisa Aulia and Heriyanto, Yonan and Nurnaningsih, Hera and Chaerudin, Denden Ridwan (2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien Di Poli Gigi Riksa Diri Kabupaten Bandung = Factors Influencing Of Patient’s Satisfaction Levels At Poli Gigi Riksa Diri Bandung Regency. JOURNAL OF ORAL HEALTH THERAPY INDONESIA, 1 (1). pp. 1-8. ISSN 2723-1607

[img] Text
Jurnal JoHTI-Kepuasan Pasien di Klinik Riksa Diri.pdf

Download (303kB)

Abstract

In health services, patients are consumers of health services, it is very important to know patient satisfaction because patient satisfaction is part of service quality. This study aims to determine the factors influencing patient satisfaction levels at the Poli Gigi Riksa Diri Kabupaten Bandung. This research is descriptive. The study was conducted in March-April 2022. This study used primary data obtained directly from respondents with a list of questionnaires. The sampling technique was carried out using a purposive sampling technique with a sample of 71 respondents. Data processing is performed quantitatively with the criteria of value weighting using a Likert scale and data analysis using percentage analysis of all answers filled out by respondents. The results of the study on factors influencing patient satisfaction levels at the Poli Gigi Riksa Diri Kabupaten Bandung described that patient satisfaction with responsiveness with a percentage of score 93%, assurance with a percentage number of score 95.8%, reliability with a percentage of 93%, empathy with a percentage 94.4%, tangibles with a percentage of 91.5% was included that respondents are satisfied with the services provided. Keywords: level of satisfaction, dental clinic. Dalam pelayanan kesehatan, pasien merupakan konsumen dari pelayanan kesehatan, dengan demikian sangat penting untuk mengetahui kepuasan pasien karena kepuasan pasien adalah bagian dari mutu pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor–faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien di Poli Gigi Riksa Diri Kabupaten Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan pada bulan Maret-April 2022, dengan menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari responden dengan daftar kuesioner. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 71 responden. Pengolahan data dilakukan secara kuantitatif dengan kriteria bobot nilai menggunakan skala Likert dan analisa data menggunakan analisis persentase dari seluruh jawaban yang diisi oleh responden. Hasil penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien di Poli Gigi Riksa Diri Kabupaten Bandung menggambarkan bahwa kepuasan pasien terhadap daya tanggap (Responsiveness) dengan persentase jumlah skor 93%, jaminan (Assurance) dengan persentase jumlah skor 95,8%, kehandalan (Reliability) dengan persentase jumlah skor 93%, empati (Emphaty) dengan persentase jumlah skor 94,4%, bukti fisik (Tangibles) dengan persentase jumlah skor 91,5% yang menyatakan bahwa responden merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Kata Kunci: kepuasan pasien, poliklinik gigi.

Item Type: Article
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 617.601 Kesehatan Mulut dan Pencegahan Sakit Gigi
Divisions: Jurusan Keperawatan Gigi > D III
Depositing User: Mrs Hera Nurnaningsih
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:42
Last Modified: 27 Mar 2023 07:42
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/6787

Actions (login required)

View Item View Item