Herijulianti, Eliza and Laela, Dewi Sodja (2014) Ketersediaan dan Kesinambungan Pelayanan Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Orang Tua Murid Terhadap Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi. Jurnal Riset Kesehatan, 7 (2). pp. 120-126. ISSN 1979-8253
Text
JURNAL RISET KESEHATAN VOL 7 NO.2 Hal 72-139 Oktober 2014.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abstrak Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) merupakan salah satu tempat pelayanan kesehatan yang berdiri di suatu institusi pendidikan dasar. Adanya kerjasama orang tua dengan tenaga kesehatan serta mutu layanan kesehatan yang diberikan diharapkan anak2 SD dapat terbebas dari penyakit gigi dan mulut. Pelayanan asuhan di UKGS binaan Jurusan Kesehatan Gigi sudah dimulai sejak tahun 1995. Namun dalam pelaksanaannya masih dujumpai banyak kendala, sehingga program yang telah ditetapkan tidak tercapai sesuai konteks mutu asuhan pelayanan kesehatan gigi. Salah satu pendukung untuk terselenggaranya pelayanan asuhan kesehatan gigi yang optimal di UKGS adalah adanya dukungan dari orang tua murid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan faktor apa yang paling berpengaruh terhadap kepuasan orang tua murid terhadap asuhan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di UKGS SD Binaan Jurusan Kesehatan Gigi. Jenis penelitian ini adalah analitik kuantitatif dan kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah orang tua murid SD Binaan Jurusan Kesehatan Gigi. Teknik pengambilan sample dilakukan dengan cara stratified random sampling. Adapun untuk uji hipotesa dilakukan chi-square dan analisis regresi logistik. Manfaat penelitian yang diharapkan adalah dari hasil penelitian dapat digunakan sebagai bahan perencanaan dalam melakukan pelayanan dan perawatan kesehatan gigi dn mulut di UKGS. Hasil penelitian ini menunjukkan variable yang mempengaruhi kepuasan orang tua murid terhadap pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut di UKGS SD Binaan Jurusan Kesehatan Gigi, adalah hubungan tenaga kesehatan dengan pasien, efektivitas pelayanan, ketersediaan pelayanan kesehatan, kesinambungan pelayanan kesehatan, juga mutu pelayanan kesehatan, (p<0,05). Variabel kebebasan menentukan pilihan dan keamanan berdasarkan uji statistik tidak mempunyai pengaruh pada kepuasan orang tua murid terhadap pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut di UKGS SD binaan Jurusan Kesehatan Gigi. Dari semua variable yang diteliti setelah diuji secara regresi logistik ternyata variable ketersediaan pelayanan yang memberikan kontribusi terbesar kepuasan orang tua murid terhadap asuhan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di UKGS SD Binaan Jurusan Kesehatan Gigi (p=0,000), efektifitas pelayanan. Ketersediaan pelayan kesehatan, kesinambungan pelayanan kesehatan, juga mutu pelayanan kesehatan. Kata Kunci : Lansia, Pelayanan Kesehatan Gigi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 617.601 Kesehatan Mulut dan Pencegahan Sakit Gigi |
Divisions: | Jurusan Keperawatan Gigi > D III |
Depositing User: | Miss Dewi Sodja Laela |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 01:38 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 01:38 |
URI: | http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/6775 |
Actions (login required)
View Item |