Peer review_PENERAPAN PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE ICARE BERBASIS FLIPCHART TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG IMS DAN HIV-AIDS DI KOTA BOGOR

Wahyuni, Sri and Fauzia, Fauzia and Enung Harni Susilawati, Enung (2020) Peer review_PENERAPAN PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE ICARE BERBASIS FLIPCHART TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG IMS DAN HIV-AIDS DI KOTA BOGOR. JURNAL RISET KESEHATAN POLTEKKES DEPKES BANDUNG.

[img] Text
Penerapan Pendidikan.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Remaja merupakan aset dan generasi penerus bangsa yang harus sehat secara jasmani, mental dan spiritual. Penduduk remaja perlu mendapat perhatian serius karena remaja termasuk dalam usia sekolah dan usia kerja, mereka sangat berisiko terhadap masalah-masalah kesehatan reproduksi yaitu perilaku seksual pranikah, penyalahgunaan NAPZA dan HIV/AIDS. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran ICARE. Kelebihan metode ICARE ini adalah Sistem ICARE mancakup lima elemen kunci suatu pengalaman belajar yang baik, yang dapat diterapkan terhadap peserta didik. Sistem ICARE sangat baik untuk diterapkan dalam proses belajar di sekolah. Tujuan penelitian adalah diketahuinya pegaruh pendidikan kesehatan metode ICARE berbasis flipchart terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja tentang IMS dan HIV-AIDS di wilayah Kota Bogor Penelitian ini menggunakan rancangan Posttest Only Control Group Design. Penelitian dilakukan di wilayah Kota Bogor. Pengambilan sampel dilakukan secara puorposive random sampling yang dilakukan terhadap 30 responden. Variabel diukur menggunakan instrumen pre-test post-test sebelum dan setelah diberikan perlakuan intervensi berupa pendidikan kesehatan dengan metode ICARE berbasis flipchart. Uji statistik menggunakan uji Wilxoson an Mann Whitney. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap remaja tentang IMS dan HIV-AIDS setelah intervensi pendidikan memakai metode ICARE berbasis flipchart. Hasil uji Man Whitney menunjukkan bahwa perbedaan pengetahuan dan sikap sebelum dan setelah pendidikan tentang IMS dan HIV-AIDS dengan metode ICARE berbasis flipchart menunjukkan hasil bahwa pengetahuan sebelum dan setelah dilakukan intervensi didapatkan nilai p value sebesar 0.030Peningkatan pengetahuan remaja tentang IMS dan HIV-AIDS secara bermakna disebabkan karena intervensi berupa pendidikan kesehatan metode ICARE berbasis flipchart , sedangkan peningkatan positif sikap remaja tentang HIV-AIDS tidak disebabkan oleh intervensi berupa pendidikan kesehatan metode ICARE berbasis flipchart.

Item Type: Other
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan
Divisions: Jurusan Kebidanan Bogor > D III
Depositing User: Mr. Anggi Oktaviana
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:36
Last Modified: 30 Jan 2023 04:36
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/6712

Actions (login required)

View Item View Item