Tantri, Widyarti Utami and Udi, Wahyudi (2022) Peer review_Peningkatan Kemampuan Anak Sekolah Dasar Melalui Latihan Asertif Untuk Menurunkan Bullying. Global Health Science Group.
Text
Reviewer Jurnal Peningkatan Kemampuan Anak Sekolah Dasar Melalui Latihan Asertif Untuk Menurunkan Bullying.pdf Download (466kB) |
Abstract
Abstract Dimasa perkembangan anak seringkali anak mendapat perlakukan yang tidak menyenangkan, tidak adil dan tidak tepat. Tuntutan anak menjadi generasi penerus keluarga dan bangsa yang berkualitas seringkali membuat hak anak terabaikan. Bullying merupakan masalah yang banyak dialami anak sekolah . Bullying merupakan kekerasan yang dilakukan berulang kali kepada seseorang baik verbal, fisik, sosial, seksual dan cyberbullying. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah menurunnya Bullying anak sekolah dasar melalui latihan asertif. Metoda pengabdian masyarakat menggunakan ceramah, diskusi, demonstrasi dan redemonstrasi. Kegiatan yang telah dilakukan anak sekolah dasar berusia 8-11 yahun yang memiliki perilaku bullying sebanyak 23 orang diberikan latihan asertif sebanyak tujuh kali pertemuan . Hasil menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan anak SD melakukan latihan asertif 50-100% dan penurunan perilaku bullying anak SD sebesar 22-30%. Manfaat dari kegiatan ini adalah pemahaman anak sekolah dasar tentang bullying, meningkatnya kemampuan anak sekolah dasar melakukan latihan asertif.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan |
Divisions: | Jurusan Keperawatan Bogor > D III |
Depositing User: | Mr. Anggi Oktaviana |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 05:26 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 05:26 |
URI: | http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/6668 |
Actions (login required)
View Item |