Peer review_Hubungan Kecemasan Dengan Depresi Pada Anak Sekolah Dasar

Tantri, Widyarti Utami and Yunani, Sri Astuti and Livana PH, Livana PH (2017) Peer review_Hubungan Kecemasan Dengan Depresi Pada Anak Sekolah Dasar. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal.

[img] Text
Reviewer Jurnal Hubungan Kecemasan Dengan Depresi Pada Anak Sekolah Dasar.pdf

Download (469kB)
Official URL: https://doi.org/10.32583/keperawatan.9.1.2017.1-5

Abstract

ABSTRAK Pendahuluan: Kesehatan mental merupakan hal penting dalam perkembangan anak, karena anak merupakan generasi penerus bangsa. gangguan kesehatan mental pada anak akan mempengaruhi perkembangan mental pada tahap perkembangan selanjutnya. Perkiraan jumlah anak dengan masalah kesehatan mental bervariasi sekitar 2-3% hingga 22%, angka tersebut meningkat untuk anak yang memiliki penyakit atau disabilitas (ketidakmampuan).Masalah kesehatan jiwa yang terjadi pada anak adalah Autisme, ADHD, gangguan mood, kecemasan, psikotik, depresi, phobia sosial, gangguan obsesif konvulsif, gangguan bipolar dan skizofrenia. Metode: Penelitian melibatkan 196 anak sekolah dasar menggunakan kuesioner Screen for Child Anxiety Related Disorders (SCARED) terdiri dari 41 pertanyaan dan kuesionerDepression Scale for Children (CES-DC) terdiri dari 20 pertanyaan. Hasil: Dengan menggunakan uji kai kuadrat didapatkan hasil terdapat hubungan antara kecemasan dan depresi anak sekolah dasar (p value ≤ 0,05). Diskusi: Kecemasan dan depresi merupakan masalah kesehatan jiwa pada anak sekolah sehingga perlu penanganan yang khusus baik oleh guru, orang tua maupun pelayanan kesehatan.

Item Type: Other
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan
Divisions: Jurusan Keperawatan Bogor > D III
Depositing User: Mr. Anggi Oktaviana
Date Deposited: 03 Jan 2023 05:07
Last Modified: 03 Jan 2023 05:07
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/6664

Actions (login required)

View Item View Item