Ningning Sri, Ningsih and Farial, Nurhayati (2017) Peer review_Hubungan pola asuh orangtua terhadap sosioemosional anak tunarungu usia sekolah. Politeknik Kesehatan Tanjung Karang.
Text
Hubungan pola asuh orangtua terhadap sosioemosional anak tunarungu usia sekolah.pdf Download (743kB) |
Abstract
Abstrak: Pola Asuh Orang Tua terhadap Sosioemosional Anak Tunarungu Usia Sekolah. Menurut WHO jumlah anak berkebutuhan khusus di Indonesia adalah sekitar 7% dari total jumlah anak usia 0-18 tahun atau sebesar 6.230.000 pada tahun 2007. Banyak yang mencatat adanya keterlambatan pada perkembangan keterampilan berbahasa sehingga mengakibatkan pencapaian prestasi akademik yang rendah. Pola asuh merupakan interaksi anak dan orang tua dalam hal mendidik, membimbing, dan mendisplinkan serta melindungi anak untuk mencapai kedewasaan sesuai dengan norma-norma yang ada dalam masyarakat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan sosio emosional anak tunarungu. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian cross sectional dengan jumlah responden 42 responden orang tuaanak tuna rungu di SLB Kota Bogor. Hasil uji statistik diperoleh nilai p=0,183 maka dapat disimpulkan tidak ada hubungan signifikan antara pola asuh dengan sosioemosional anak tuna rungu. Faktor yang memengaruhi sosioemosional anak menurut Artman et al (2008) adalah sebagai berikut faktor risiko individu, seperti tempramen anak, usia, jenis kelamin, keterlambatan perkembangan, masalah kesehatan serius, faktor keluarga dan faktor lingkungan. Kata kunci: Pola asuh, Sosioemosional, Anak tunarungu
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan |
Divisions: | Jurusan Keperawatan Bogor > D III |
Depositing User: | Mr. Anggi Oktaviana |
Date Deposited: | 15 Nov 2022 01:28 |
Last Modified: | 15 Nov 2022 01:28 |
URI: | http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/6602 |
Actions (login required)
View Item |