Salsabilla, Ramadhini Permatasari and Sri Mulyati, Sri Mulyati and Neneng, Nurjanah and Isa Insanuddin, S.SiT, M.Kes, Pembimbing (2022) Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS dan Non BPJS Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Maranatha. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Bandung.
Text
COVER.pdf Download (105kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
|
Text
LEMBAR PENGUJIAN SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (317kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
|
Text
BAB I .pdf Download (138kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (120kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH (1).pdf Download (331kB) |
Abstract
Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan suatu pelayanan kesehatan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien ialah biaya suatu pelayanan. Biaya merupakan suatu halangan atau kendala dalam meningkatkan derajat kesehatan. Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia dengan dibentuknya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Setiap masyarakat memiliki hak yang sama dalam mendapatkan suatu pelayanan kesehatan, maka baik pasien BPJS maupun Non BPJS harus mendapatkan pelayanan yang sama tanpa harus ada perbedaan di antara keduanya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien BPJS dan Non BPJS terhadap mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Maranatha. Metode penelitian ini analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini merupakan pasien BPJS dan Non BPJS yang telah melakukan perawatan di RSGM Maranatha. Jumlah sampel yang diambil secara accidental samping yang diambil dari tanggal 23 Mei s.d. 3 Juni 2022. Hasil menunjukkan bahwa hasil uji Independent Sample T-Test pengukuran kepuasan pasien BPJS dan Non BPJS memiliki nilai sig (2-tailed) ≥ 0,05. Hal tersebut berarti tidak ada perbedaan bermakna antara kepuasan kelompok pasien BPJS dan Non BPJS terhadap pelayanan RSGM Maranatha. Kata kunci: Kepuasan pasien, kualitas pelayanan, BPJS, rumah sakit gigi dan mulut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 610 Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 617.601 Kesehatan Mulut dan Pencegahan Sakit Gigi |
Divisions: | Jurusan Keperawatan Gigi > D IV |
Depositing User: | Miss Salsabilla Ramahdhini Permatasari |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 06:58 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 06:58 |
URI: | http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/6183 |
Actions (login required)
View Item |