Penerapan Brain Gym Untuk Menurunkan Kecemasan Saat Pembelajaran Daring Pandemi Covid19 Pada Siswa/I Sma Borcess Ashokal Hajar (Boash) Di Kota Bogor, Tahun 2022

George, Willy Khasan and Anna, Sunita (2022) Penerapan Brain Gym Untuk Menurunkan Kecemasan Saat Pembelajaran Daring Pandemi Covid19 Pada Siswa/I Sma Borcess Ashokal Hajar (Boash) Di Kota Bogor, Tahun 2022. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Bandung.

[img] Text
Cover Judul dalam.pdf

Download (116kB)
[img] Text
Cover Judul Luar.pdf

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (31kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PENERAPAN BRAIN GYM UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN SAAT PEMBELAJARAN DARING PANDEMI COVID19 PADA SISWA SMA BORCESS ASHOKAL HAJAR (BOASH) DI KOTA BOGOR_compressed.pdf

Download (568kB)

Abstract

Sejak WHO menyatakan Covid-19 sebagai pendemik global, semua aktivitas yang biasanya dilakukan di luar rumah menjadi wajib dilakukan dari rumah yang tentunya berdampak pada kecemasan semua kalangan termasuk siswa SMA (WHO, 2020). Tujuan penelitian mendapatkan informasi tentang penerapan brain gym untuk mereduksi kecemasan selama pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19 pada siswa/i SMA Borcess Ashokal Hajar (Boash). Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian berlokasi di SMA Boash Kota Bogor. Teknik pengambilan sampel secara purposif, didapat dari guru Bimbingan Konseling, yaitu data siswa/i yang mengalami kecemasan, sebanyak 5 responden. Penerapan brain gym dilakukan selama 1 minggu, didapatkan hasil bahwa penerapan efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan pada siswa/i SMA Boash, dengan penurunan skor maksimal sebanyak 9 point, dan mengalami peningkatan pengetahuan sebanyak 5 point dan konsentrasi 5 point. Penulis menyarankan responden melanjutkan penerapan, dan mengajak teman yang mengalami kecemasan untuk menerapkan brain gym. Bagi Guru Bimbingan & Konseling dapat menerapkan brain gym sebagai langkah awal mengatasi kecemasan pada seluruh siswa/i SMA Boash. Bagi Peneliti selanjutnya meneliti lebih dari 1 minggu dan menambahkan intervensi tambahan yaitu distraksi pikiran positif agar perhatian responden tidak teralihkan. Kata Kunci : kecemasan, Brain Gym, pengetahuan & konsentrasi Daftar Pustaka : Jumlah Sumber 32 (2010-2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kecemasan, Brain Gym, pengetahuan & konsentrasi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan Bogor > D III
Depositing User: George Willy Khasan
Date Deposited: 24 Aug 2022 02:44
Last Modified: 24 Aug 2022 02:44
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/5133

Actions (login required)

View Item View Item