Puspitadewi, Intan and Widartika, Widartika and Sudja, Aryani and Dewi, Maryati (2020) Hubungan Faktor-Faktor Pelayanan Makanan Non Diet Terhadap Kepuasan Pasien Di RSUP Dr. Hasan Sadikin. Undergraduate thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.
Text
COVER.pdf - Published Version Download (57kB) |
|
Text
Lembar Persetujuan dan Lembar Pengesahan.pdf - Published Version Download (540kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (31kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Download (81kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (113kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
|
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
Text
BAB VII.pdf - Published Version Download (42kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (152kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (28kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (197kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (7kB) |
|
Text
Surat Pernyataan Naskah Publikasi.pdf - Published Version Download (118kB) |
Abstract
Latar Belakang: Makanan yang disajikan rumah sakit merupakan salah satu komponen untuk kesembuhan pasien. Makanan memiliki mutu yang baik apabila layanan yang diterimanya sesuai dengan harapan, menumbuhkan keinginan untuk mendapatkan kualitas pelayanan yang sama dilain waktu dan kesediaan untuk menceritakan pelayanan baik yang diterimanya kepada orang lain terhadap faktor pelayanan makanan yang terdiri dari ketepatan waktu distribusi makanan, variasi menu, sisa makanan, cita rasa makanan, kebersihan alat makan dan penampilan petugas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara faktor-faktor pelayanan makanan non diet terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Hasan Sadikin. Metode penelitian: Desain penelitian yang dilakukan adalah cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di Ruang Fresia RSUP Dr. Hasan Sadikin selama 1 hari pada makan pagi, siang dan malam. Data sisa makanan diambil menggunakan Visual Comstock, tingkat kepuasan pasien terhadap faktor pelayanan makanan (ketepatan waktu distribusi, variasi menu, cita rasa makanan, kebersihan alat makan dan penampilan petugas) menggunakan kuesioner dengan skala guttman dan wawancara. Analisa data menggunakan Chi Square dan Fisher Exact. Hasil sebanyak 98% menyatakan makanan datang tepat waktu, 88% responden masuk dalam kategori sisa makanan sedikit, 88% menilai variasi menu baik, 92% menilai cita rasa makanan baik, 96% menilai kebersihan alat makan baik dan 92% menyatakan puas. Ada hubungan yang bermakna pada sisa makanan dan cita rasa makanan terhadap kepuasan pasien dengan p (0.04) dan p (0.014) dan tidak ada hubungan yang bermakna untuk ketepatan waktu distribusi makanan, variasi menu, kebersihan alat makan dan penampilan petugas terhadap kepuasan pasien dengan nilai p > 0.05. . Saran: Diharapkan dilakukan penelitian yang dilakukan lebih dari satu hari dalam satu siklus menu. Kata Kunci: Faktor Pelayanan Makanan, Kepuasan Pasien
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 613.2 Diet, Ilmu Diet |
Divisions: | Jurusan Gizi > D IV |
Depositing User: | miss Intan Puspitadewi |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 08:37 |
Last Modified: | 05 Aug 2020 08:37 |
URI: | http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/409 |
Actions (login required)
View Item |