PENELITIAN TERAPAN UNGGULAN PERGURUAN TINGGI : PENGARUH METODE SCHOOL WATCHING TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA SD DALAM MENGHADAPI BENCANA DI KECAMATAN CICENDO KOTA BANDUNG TAHUN 2019

Meilianingsih, Lia and Sugiyanto, H. (2019) PENELITIAN TERAPAN UNGGULAN PERGURUAN TINGGI : PENGARUH METODE SCHOOL WATCHING TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA SD DALAM MENGHADAPI BENCANA DI KECAMATAN CICENDO KOTA BANDUNG TAHUN 2019. Technical Report. Poltekkes Kemenkes Bandung. (Unpublished)

[img] Text
Laporan ahir Lia 2019.pdf

Download (679kB)

Abstract

Provinsi Jawa Barat sebagai provinsi dengan tingkat kerawanan paling tinggi di Indonesia. Bencana alam di Jawa Barat di dominasi oleh kejadian tanah longsor, banjir dan kebakaran. Kelompok yang sangat rentan terhadap bencana adalah anak- anak. Anak-anak sekolah dasar dalam kesehariannya rata-rata menghabiskan waktu sekitar 7 jam dalam beraktivitas di sekolah. Sehingga sekolah dapat dikategorikan sebagai tempat yang rawan bencana. Bencana dapat terjadi setiap saat termasuk pada saat jam belajar di sekolah. Anak sekolah harus memiliki ketangguhan dalam menghadapi ancaman bencana yang semakin meningkat seiring dengan meningkatnya aktivitas manusia, dan kerusakan lingkungan hidup. School Watching merupakan salah satu metode yang dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kesiapsiagaan bencana melalui kegiatan yang dilakukan di sekolah dan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode school watching terhadap kesiapsiagaan siswa SD dalam menghadapi bencana di Kecamatan Cicendo Kota Bandung. Desain penelitian menggunakan quasi experiment dengan pendekatan Pre Post test control group design. Sampel Penelitian ini siswa kelas V SD di Kecamatan Cicendo. Besar sampel berjumlah 39 orang untuk kelompok intervensi dan 39 orang untuk kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan cara proportional Random sampling. Intervensi diberikan dalam 5 kali pertemuan. Kegiatan intervensi meliputi: pemberian materi tentang kebencanaan, pengamatan, pemetaan, diskusi dan presentasi. Analisis data yang digunakan untuk kelompok berpasangan menggunakan uji statistik T test dependent karena data berdistribusi normal. Sedangkan untuk kelompok tidak berpasangan menggunakan uji Mann-Whitney karena data berdistribusi tidak normal. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh metode school watching terhadap kesiapsiagaan siswa SD dalam menghadapi bencana karena didapatkan p value 0,000. Oleh karena itu disarankan kepada penanggung jawab program kesehatan sekolah untuk menerapkan metode school watching untuk mengurangi resiko bencana di komunitas sekolah.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 610 Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan Bandung > D IV
Depositing User: Mrs Lasya Nurlaeli
Date Deposited: 04 Nov 2021 03:21
Last Modified: 04 Nov 2021 03:21
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/3844

Actions (login required)

View Item View Item