GAMBARAN TINGKAT STRES DAN DUKUNGAN KELUARGA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SMAN 9 KOTA BOGOR TAHUN 2021

Natasya, Rengani Permana and Amid, Salmid (2021) GAMBARAN TINGKAT STRES DAN DUKUNGAN KELUARGA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SMAN 9 KOTA BOGOR TAHUN 2021. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.

[img] Text
cover.pdf

Download (190kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (188kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (292kB)
[img] Text
daftar Pustaka.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Surat Publikasi Ilmiah.pdf

Download (87kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (157kB)
[img] Text
lembar persetujuan.pdf

Download (92kB)

Abstract

Program Studi Keperawatan Bogor Natasya Rengani Permana (P17320318089) Gambaran Tingkat Stress dan Dukungan Keluarga Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa SMAN 9 Kota Bogor Tahun 2021 i-xii + 63 halaman, VI BAB, 7 Tabel, 5 skema, 5 lampiran ABSTRAK COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan. Virus baru dan penyakit yang disebabkannya ini tidak dikenal sebelum mulainya wabah di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019 (WHO,2019). COVID-19 ini sekarang menjadi sebuah pandemi yang terjadi di banyak negara di seluruh dunia. Dibeberapa negara sudah menerapkan suatu kebijakan yaitu lockdown dan pshycal distancing untuk mencegah penularan COVID-19, karena adanya aturan harus menjaga jarak oleh pemerintah maka kegiatan pembelajaran pun yang semula nya tatap muka kini menjadi daring, kebijakan ini berdampak besar terhadap kehidupan sehari-hari dan pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk melihat gambaran tingkat stress dan dukungan keluarga dalam pembelajaran daring di masa pandemik covid-19 pada siswa SMAN 9 Kota Bogor tahun 2021 dengan menggunakan desain penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menggunakan metode simple random sampling dan pada hasil penelitian ini menunjukan bahwa mendapatkan hasil dominan (38%) tidak stress/normal, (9%) stress ringan, (16%) stress sedang, (11%) stress berat dan (26%) stress sangat berat. Dan menunjukan bahwa lebih dari setengah yaitu (78%) dengan dukungan keluarga tinggi, dan sebanyak (22%) dengan dukungan keluarga sedang. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar siswa dapat beradaptasi dengan system pembelajaran daring di masa pandemic covid-19 ini. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Tingkat Stres, Dukungan Keluarga Daftar Pustaka : 53 buah (2010-2020) ABSTRACT COVID-19 is an infectious disease caused by a newly discovered type of coronavirus. This new virus and the disease it causes were unknown before the outbreak began in Wuhan, China, in December 2019 (WHO). COVID-19 is now a pandemic that is happening in many countries around the world. Some countries have implemented a policy, namely locking and psychological distancing to prevent the transmission of COVID-19, due to the government's rules for maintaining distance, even learning activities that were originally face-to-face have now become online, this policy has a major impact on daily life and education. The purpose of this study was to describe the level of stress and family support in online learning during the COVID-19 pandemic for students of 9 Senior Highschool Bogor City in 2021 using a descriptive research design. The results of this study indicate that getting the dominant results (38%) not stressed/normal, (9%) mild stress, (16%) moderate stress, (11%) severe stress and ( 26%) very stressful. And more than half of the respondents, (78%) with high family support, and (22%) with moderate family support. From the results of this study, it is hoped that students can adapt to the online learning system during this covid-19 pandemic. Keyword : Online Learning, Stress Level, Family Support Bibliography : 53 pieces (2010-2020)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan
Divisions: Jurusan Keperawatan Bogor > D III
Depositing User: NATASYA RENGANI PERMANA
Date Deposited: 17 Dec 2021 07:55
Last Modified: 17 Dec 2021 07:55
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/3777

Actions (login required)

View Item View Item