Nurul, Rabbiatul Awalia and Bram, Burmanajaya (2021) Gambaran Kontrol Diri pada Remaja dengan Internet Gaming Disorder di SMAN 7 Kota Bogor Tahun 2021. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.
Text
COVER - Nurul R.A TK 3A_compressed.pdf Download (24kB) |
|
Text
ABSTRAK - Nurul R.A TK 3A_compressed.pdf Download (22kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR - Nurul R.A TK 3A_compressed.pdf Download (25kB) |
|
Text
DAFTAR ISI - Nurul R.A TK 3A_compressed.pdf Download (24kB) |
|
Text
BAB I - Nurul R.A TK 3A_compressed.pdf Download (49kB) |
|
Text
BAB II - Nurul R.A TK 3A_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
|
Text
BAB III - Nurul R.A TK 3A_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
Text
BAB IV - Nurul R.A TK 3A_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
|
Text
BAB V - Nurul R.A TK 3A_compressed.pdf Download (340kB) |
|
Text
BAB VI - Nurul R.A TK 3A_compressed.pdf Download (37kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - Nurul R.A TK 3A_compressed.pdf Download (29kB) |
|
Text
SURAT PUBLIKASI.pdf Download (872kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN - Nurul R.A TK 3A.pdf Download (164kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN - Nurul R.A TK 3A.pdf Download (89kB) |
Abstract
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sangat melekat dikalangan masyarakat terutama dikalangan remaja. Saat ini anak-anak yang bermain bersama teman-teman di lapangan atau di taman sudah beralih menggunakan peralatan modern seperti komputer dan handphone. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat salah satu bentuk hiburan yang banyak dipilih masyarakat di masa pandemi Covid-19 adalah bermain game online sebesar 16,5 persen. Internet gaming disorder atau IGD merupakan suatu fenomena yang muncul akibat dari ketidakmampuan mengontrol penggunaan internet dan video games dan sangat popular saat ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kontrol diri pada remaja dengan internet gaming disorder. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitrian deskriptif. Dimana sampel pada penelitian ini adalah remaja dengan internet gaming disorder di SMAN 7 Kota Bogor dengan total remaja sebanyak 90 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner The Internet Gaming Disorder Test (IGD-20 Test) dan kuesioner kontrol diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari setengahnya remaja dengan internet gaming disorder sebanyak 59 dari 90 remaja (66%) mengalami kontrol diri rendah dan sebagian kecil sebanyak 31 dari 90 remaja (34%) mengalami kontrol diri tinggi. Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk memanfaatkan data dan informasi yang telah didapat sebagai acuan untuk pengembangan penelitian selanjutnya. Daftar pustaka : 37 (2010-2020) Kata kunci: Kontrol Diri, Internet Gaming Disorder, Remaja
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 616 Penyakit |
Divisions: | Jurusan Keperawatan Bogor > D III |
Depositing User: | NURUL RABBIATUL AWALIA |
Date Deposited: | 23 May 2022 02:24 |
Last Modified: | 23 May 2022 02:24 |
URI: | http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/3741 |
Actions (login required)
View Item |