Auldry, Saskia Futri and Meirina, Meirina (2021) Gambaran Tingkat Stres dan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Taruna Terpadu 1. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.
Text
COVER_Auldry S.F (P17320318062)-dikonversi.compressed.pdf Download (12kB) |
|
Text
ABSTRAK _Auldry S.F (P17320318062)-dikonversi.pdf Download (31kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR_Auldry S.F (P17320318062)-dikonversi.compressed.pdf Download (44kB) |
|
Text
DAFTAR ISI_Auldry S.F (P17320318062)-dikonversi.compressed.pdf Download (19kB) |
|
Text
BAB I_Auldry S.F (P17320318062)-dikonversi.compressed.pdf Download (56kB) |
|
Text
BAB II_Auldry S.F (P17320318062)-dikonversi.compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
|
Text
BAB III_Auldry S.F (P17320318062)-dikonversi.compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
|
Text
BAB IV_Auldry S.F (P17320318062)-dikonversi.compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
Text
BAB V_Auldry S.F (P17320318062)-dikonversi.compressed.pdf Download (42kB) |
|
Text
BAB VI_Auldry S.F (P17320318062)-dikonversi.compressed.pdf Download (45kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_Auldry S.F (P17320318062)-dikonversi.compressed.pdf Download (26kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.compressed.pdf Download (47kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN_Auldry S.F (P17320318062).pdf Download (141kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN_Auldry S.F (P17320318062).pdf Download (90kB) |
Abstract
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bandung Program Studi Keperawatan Bogor Auldry Saskia Futri NIM. P17320318062 Gambaran Tingkat Stres dan Motivasi Belajar Remaja Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Taruna Terpadu 1 Tahun 2021 i-xi + 80 halaman, VI BAB, 8 tabel, 3 skema, 10 lampiran ABSTRAK Masa remaja merupakan masa transisi yaitu masa di mana terjadi banyak perubahan di dalam diri remaja baik secara fisik, emosional, dan kognitif. Jika siswa mengalami stres belajar secara terus menerus, akan membawa dampak negatif, maka dari itu pembelajaran daring merupakan faktor utama penyebab stres siswa selama pandemi Covid-19. Penyebab stres yang bermula dari proses pembelajaran seperti tekanan untuk menapatkan nilai yang baik, lamanya belajar, banyaknya tugas, rendah nilai/prestasi dan cemas dalam mengahadapi ujian. Selain itu, motivasi belajar siswa juga berpengaruh dalam keberhasilan pembelajaran. Proses pembelajaran akan mencapai keberhasilan apabila siswa memiliki motivasi belajar yang baik. Oleh karena itu motivasi belajar sangat penting untuk dimiliki oleh setiap siswa, baik motivasi intrinsik maupun ekstrinsik. Disain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Sampel berjumlah 79 remaja. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 79 responden remaja dalam kategori normal 19 orang (24%), stres ringan 22 orang (28%), stres sedang 29 orang (37%), dan stres berat 9 orang (11%). Berdasarkan motivasi belajar dari 79 responden remaja dalam kategori sangat rendah 8 orang (10%), rendah 43 orang (55%), sedang 23 orang (29%), dan berat 5 orang (6%). Dari hasil penelitian ini diharapkan agar institusi pendidikan menggunakan model dan metode pembelajaran yang menyenangkan serta pemahaman dan kreatifitas guru dalam mengemas pembelajaran online agar menarik perhatian dan motivasi belajar siswa dalam mengikuti tahapan pembelajaran online. Kata Kunci : Remaja, Pembelajaran Daring, Tingkat Stres, Motivasi Belajar. Daftar Pustaka : 46 sumber (2014-2021)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan |
Divisions: | Jurusan Keperawatan Bogor > D III |
Depositing User: | AULDRY SASKIA FUTRI |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 07:59 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 07:59 |
URI: | http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/3732 |
Actions (login required)
View Item |