Ramadani, Dera Cahya and Rahmat, Mamat and M Par'i, Holil and Aminah, Mimin (2021) PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN FREKUENSI KONSUMSI SAYUR DAN BUAH PADA ANAK SEKOLAH DI SD KARTIKA XIX-4 DAN KARTIKA XIX-5 CIMAHI. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.
Text
Cover.pdf Download (64kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (521kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (32kB) |
|
Text
Kata pengantar.pdf Download (78kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (17kB) |
|
Text
Daftar tabel.pdf Download (70kB) |
|
Text
Daftar gambar.pdf Download (48kB) |
|
Text
Daftar Lampiran.pdf Download (103kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (108kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
|
Text
BAB VII.pdf Download (85kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (107kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kurang konsumsi sayur dan buah pada anak sekolah disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktornya, yaitu pengetahuan gizi yang kurang. Edukasi gizi merupakan suatu kegiatan atau usaha menyampaikan pesan gizi kepada masyarakat, kelompok, atau individu dengan harapan agar bisa memperoleh pengetahuan tentang gizi yang lebih baik sehingga dapat berpengaruh sikap dan perilaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Edukasi gizi menggunakan media booklet terhadap pengetahuan dan frekuensi konsumsi sayur dan buah. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-April 2021 melalui aplikasi zoom meeting pada anak sekolah di SD Kartika XIX-4 dan Kartika XIX-5. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan pendekatan pre-post test with control group design. Kelompok perlakuan diberikan edukasi gizi menggunakan metode ceramah dan media booklet, sedangkan kelompok kontrol diberikan edukasi gizi metode ceramah menggunakan media powerpoint. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 18 orang pada masing-masing kelompok. Data yang dikumpulkan, yaitu pengetahuan dan frekuensi konsumsi sayur dan buah. Data pengetahuan diperoleh melalui kuesioner pengetahuan, sedangkan data frekuensi konsumsi sayur dan buah diperoleh melalui food frequency questionnaire. Hasil penelitian didapatkan adanya pengaruh pemberian edukasi gizi pada kelompok perlakuan dan kontrol terhadap pengetahuan anak sekolah (p=0,003; p<0,005), tidak ada pengaruh edukasi gizi terhadap frekuensi konsumsi sayur dan buah pada kelompok perlakuan (p=0,265; p>0,005). Sebaiknya dilakukan pengukuran secara kuantitatif agar lebih menggambarkan kecukupan konsumsi sayur dan buah pada anak sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 614 Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Jurusan Gizi > D IV |
Depositing User: | Miss Dera Cahya Ramadani |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 08:40 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 08:40 |
URI: | http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/3020 |
Actions (login required)
View Item |