Syifa, Nurul Hikmah and Muryati, Muryati and Desmaniarti, Desmaniarti and Rukman, Rukman (2021) GAMBARAN TINGKAT STRES KELUARGA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR SECARA DARING PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH DASAR ISLAM MUMTAZ CIHIDEUNG KABUPATEN KUNINGAN 2021. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.
Text
COVER.pdf Download (94kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN DAN LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (157kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (210kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (186kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf Download (271kB) |
Abstract
xii, 46 halaman, 5 bab, 3 tabel, 1 bagan, 9 lampiran Perubahan proses pembelajaran yang mengharuskan dilakukan dalam jaringan (daring) sehingga semua pihak termasuk keluarga harus beradapatasi dengan sistem baru tersebut, hal ini menuntut keluarga untuk berperan aktif dalam proses pendidikan terutama anak sekolah dasar yang masih sangat membutuhkan pendampingan lebih banyak dari keluarga. Faktanya banyak keluarga yang belum terbiasa untuk menggantikan peran guru saat belajar di rumah, hal tersebut dapat memicu stres pada keluarga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat stres keluarga dalam pendampingan belajar secara daring pada anak sekolah dasar di Sekolah Dasar Islam Mumtaz Cihideung Kab. Kuningan. Metode deskriptif dengan desain penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan 164 orang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan DASS 42 yang sudah baku. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat stres keluarga dalam pendampingan belajar secara daring pada anak sekolah dasar di Sekolah Dasar Islam Mumtaz Cihideung Kab. Kuningan tahun 2021 yaitu tidak stres 34,1%, stres ringan 47,0%, stres sedang 18,3% stres berat 6%, dan stres sangat berat 0% dan dapat disimpulkan kurang dari setengah mengalami stres ringan. Dirasakan perlunya dukungan untuk membantu keluarga dalam mengurangi stres saat pendampingan belajar anak secara daring seperti mengajarkan manajemen stres, konsultasi psikologis online ataupun berbasis rumah harus diterapkan untuk mengurangi efek stres yang dirasakan. Kata kunci : tingkat stres, keluarga, pembelajaran daring Daftar pustaka : 35 (2011-2021) Buku : 8, Jurnal : 27
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Jurusan Keperawatan Bandung > D III |
Depositing User: | Ms. Syifa Nurul Hikmah |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 01:48 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 01:48 |
URI: | http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/2866 |
Actions (login required)
View Item |