Kriswijayanti, Kikit and Aminah, Mimin and Syarief, Osman and Rosmana, Dadang (2021) Efektivitas Penggunaan Media Video Dan E-Quiz Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Gizi Lebih Pada Remaja Sekolah Menengah Pertama. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.
Text
COVER.pdf Download (104kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (234kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PENGUJI.pdf Download (237kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (24kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (25kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (31kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (46kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
Text
BAB VII.pdf Download (24kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf Download (199kB) |
Abstract
Latar Belakang: Kegemukan adalah masalah gizi yang dahulu dianggap sebagai masalah yang terjadi pada negara berpenghasilan tinggi, namun saat ini masalah kegemukan dan obesitas meningkat di negara berpenghasilan menengah termasuk Indonesia. Data hasil RISKESDAS tahun 2018 menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prevalensi status gizi lebih (IMT/U) pada remaja usia 13-15 tahun. Tujuan: Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh efektivitas pemberian edukasi gizi lebih menggunakan media video dan e-quiz terhadap pengetahuan sikap pada remaja di SMP Negeri 10 Bandung. Metode: Penelitian ini merupakan eksperimen quasi dengan desain pre-postest control group, yang dilaksanakan pada bulan Februari - Maret 2019. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII dan VIII SMPN 10 Bandung terdiri atas dua kelompok, yakni kelompok kontrol dengan media power point dan kelompok intervensi dengan media video e-quiz. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dan mann whitney dengan derajat kemaknaan 0,05 dan tingkat kepercayaan 95%. Hasil: hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh edukasi gizi lebih terhadap peningkatan pengetahuan siswa pada kelompok intervensi (p=0,000) dan kelompok kontrol (p=0,000), sikap siswa pada kelompok intervensi (p=0,007) dan kelompok kontrol (p=0,000). Ada perbedaan pengetahuan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p=0,047) dan tidak ada perbedaan sikap kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p=0,994). Kesimpulan: Pemberian edukasi gizi dengan media video e-quiz efektif meningkatkan pengetahuan gizi lebih dan tidak efektif untuk meningkatkan sikap tentang gizi lebih. Kata Kunci: edukasi gizi, e-quiz, gizi lebih, media video
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 613.2 Diet, Ilmu Diet |
Divisions: | Jurusan Gizi > D IV |
Depositing User: | Miss Kikit Kriswijayanti |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 07:22 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 07:22 |
URI: | http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/2751 |
Actions (login required)
View Item |