Gambaran Kecerdasan Emosional Pada Remaja Tunarungu Usia 12 - 21 Tahun di SLB B Kota Bogor Tahun 2020

Fuji Nugraha, Fuji and Ningning Sri Ningsih, Ningning and Yuliastati, Yulias and Imam Makhrus, Imam (2020) Gambaran Kecerdasan Emosional Pada Remaja Tunarungu Usia 12 - 21 Tahun di SLB B Kota Bogor Tahun 2020. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (261kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Kata pengantar.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (284kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (151kB)

Abstract

ABSTRAK Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali, mengolah dan mengontrol emosi agar anak mampu merespon secara positif setiap kondisi yang merangsang munculnya emosi- emosi . Kecerdasan emosional tidak hanya penting untuk remaja normal saja tetapi juga sangat penting bagi remaja berkebutuhan khusus, salah satunya adalah remaja tunarungu. Kecerdasan emosional pada remaja tunarungu adalah mereka yang kehilangan pendengaran baik sebagian maupun seluruhnya dengan minimnya kosakata dan keterbatasan dalam komunikasi yang menyebabkan tidak mampunya memahami kejadian serta mengakibatkan perasaan terasing dari lingkungan sehingga menimbulakan emosi yang tidak stabil. Namun dampak tersebut tidak akan terjadi jika remja tunarungu dapat mengontrol emosinya dengan baik. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian mengenai kecerdasan emosional remaja tunarungu usia 12 – 21 tahun di SLB B Kota Bogor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional remaja tunarungu di SLB B Kota Bogor. Desain penelitian ini adalah deskriptif. Cara pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportional Sampling dengan menggunakan kuesioner TEIQeue dan jumlah responden sebanyak 38 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan remaja tunarungu yang memiliki kecerdasan emosonal tinggi sebanyak 12 orang (31,58%) dan remaja yang memiliki kecerdasan emosional sedang sebanyak 26 orang (68,42%). Rekomendasi untuk institusi SLB B Kota Bogor yaitu memberikan binbingan konseling dengan memperhatikan aspek – aspek kecerdasan emosional diantaranya mengenali diri, mengeola emosi, memotivasi diri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan dengan orang lain dalam upaya meningkatkan kecerdasan emosional remaja tunarungu. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Tunarungu, Remaja Daftar Pustaka : 26 (2009 – 2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 613.6 Topik-topik Khusus tentang Kesehatan dan Keselamatan
Divisions: Jurusan Keperawatan Bogor > D III
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 21 Oct 2020 01:06
Last Modified: 21 Oct 2020 01:07
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/1398

Actions (login required)

View Item View Item