Sri, Nur Anggraeni and Iryanti, Iryanti and Atin, Karjatin and Budi, Setiyono (2020) PENGARUH EDUKASI MELALUI MEDIA CAKRAM TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA TENTANG GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.
Text
COVER.pdf Download (146kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (262kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (173kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (725kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (186kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (176kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (846kB) |
Abstract
Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia dan mejadi salah satu tantangan kesehatan terbesar abad 21 (WHO, 2018). Upaya pencegahan PTM dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, salah satunya melalui pelaksanaan pesan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Pelaksanaan pesan Germas ini tentunya harus didasari oleh pengetahuan yang cukup. Cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pengetahuan tersebut yaitu melalui edukasi yang pada prosesnya membutuhkan media sebagi alat bantu. Salah satu jenis media yang dapat digunakan yaitu media cakram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi melalui media cakram terhadap pengetahuan remaja tentang gerakan masyarakat hidup sehat. Jenis penelitian ini adalah pre-exprimental dengan desain penelitian one grup pretest-postest. Data yang digunakan merupakan data sekunder. Data bersumber dari hasil penelusuran literatur yaitu dua jurnal dan satu skripsi. Strategi pengumpulan data dilakukan dengan penelusuran di google scholar. Hasil penelitian didapatkan nilai rerata tertinggi pretest yaitu 63,30, nilai rerata postest terendah yaitu 62,12 dengan kenaikan terendah sebesar 6,3%, nilai uji statistik pada ketiga artikel menunjukan nilai P < 0,05 (α 5%) sehingga dapat disimpulkan bahwa media cakram berpengaruh terhadap pengetahuan. Disarankan untuk meningkatkan edukasi germas pada remaja menggunakan media cakram agar mendorong remaja untuk menerapkan pesan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 614 Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Jurusan Promosi Kesehatan > D IV |
Depositing User: | Miss SRI NUR ANGGRAENI |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 01:59 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 01:59 |
URI: | http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/1345 |
Actions (login required)
View Item |