PELATIHAN BIMBINGAN PRAKTIK MAHASISWA (PRECETORSHIP) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KLINIK BERDASARKAN TARGET (MPKBT)

Anah, Sasmita and Desmaniarti, Z and Husni, Achmad PELATIHAN BIMBINGAN PRAKTIK MAHASISWA (PRECETORSHIP) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KLINIK BERDASARKAN TARGET (MPKBT). PELATIHAN BIMBINGAN PRAKTIK MAHASISWA (PRECETORSHIP) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KLINIK BERDASARKAN TARGET (MPKBT).

[img] Text
10E5TceictXRpODAZib7EpO5hUUHoSbH8

Download (272kB)

Abstract

Pembelajaran dalam pendidikan keperawatan merupakan sebuah siklus,yang diawali dengan pembelajaran teori di kelas, pembelajaran praktik laboratorium dan diakhiri dengan pembelajaran praktik pada tatanan klinik. Melalui pembelajaran klinik yang tepat diharapkan terjadi proses aktivasi aspek kognitif, aplikasi dan integrasi aspek afektif dan psikomotor dalam memberikan pelayanan keperawatan. Pembelajaran klinik mempunyai bobot SKS yang banyak dalam kurikulum Pendidikan Keperawatan dan mempunyai pengaruh yang besar terhadap pencapaian kompetensi sebagai seorang perawat. Pelaksanaan pembelajaran pada saat ini masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Penelitian mengenai pembelajaran klinik yang dilakukan oleh Sasmita (2013-2014) menghasilkan model pembelajaran yang disebut sebagai “Model Pembelajaran Klinik Berdasarkan Target (MPKBT)”; menurut penilaian pembimbing klinik MPKBT mempunyai dampak positif terhadap pembimbing klinik, mahasiswa dan pasien; MPKBT dapat meningkatkan kinerja pembimbing klinik dan meningkatkan jumlah tindakan keperawatan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa.

Item Type: Article
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 614 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Divisions: Jurusan Keperawatan Bandung > Profesi NERS
Depositing User: Ms. Agum Megaliani Rahayu S.S.I
Date Deposited: 21 Sep 2024 14:44
Last Modified: 21 Sep 2024 14:44
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/13174

Actions (login required)

View Item View Item