Frido Saputra, Ronald Anggriawan and Camalia, Suhertini (2024) Penerapan Edukasi Supportif Pada Motivasi Pengobatan Pasien Tuberkulosis Paru di RS PMI Bogor. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Bandung.
Text
COVER KTI RONALD.pdf Download (187kB) |
|
Text
COVER KTI RONALD.pdf Download (187kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN KTI RONALD.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN KTI RONALD.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
|
Text
SURAT BEBAS PLAGIAT KTI RONALD.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KTI RONALD.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
|
Text
ABSTRAK KTI RONALD.pdf Download (155kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR KTI RONALD.pdf Download (345kB) |
|
Text
DAFTAR ISI KTI RONALD.pdf Download (498kB) |
|
Text
BAB 1 KTI RONALD.pdf Download (279kB) |
|
Text
BAB 2 KTI RONALD.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
|
Text
BAB 3 KTI RONALD.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
|
Text
BAB 4 KTI RONALD.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
Text
BAB 5 KTI RONALD.pdf Download (159kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA KTI RONALD.pdf Download (400kB) |
|
Text
LAMPIRAN KTI RONALD.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang : Motivasi adalah bersumber dari diri sendiri yang memiliki keinginan kuat untuk mencapai suatu tujuan dan lebih mendukung untuk menjalani pengobatan. Beberapa factor yang mempengaruhi motivasi seperti keinginan untuk hidup, pengetahuan atau edukasi kesehatan dan dukungan dari keluarga sangat efektif untuk meningkatkan motivasi. Edukasi supportif merupakan salah satu contoh bentuk pendidikan kesehatan yang lazim dilakukan di masyarakat. Edukasi supportif berbeda dengan pendidikan kesehatan karena focus dari edukasi selain untuk peningkatan aspek kognitif pasien, mengarah juga pada pemberian dukungan dan pendidikan bagi pasien. Edukasi supportif ini lebih mengarahkan pada dukungan kepada pasien tapi tidak mengurangi materi pengetahuan yang akan kita berikan, sehingga pasien dapat terdukung oleh pemberi materi edukasi dan juga meningkatkan pengetahuannya. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk hasil dari penerapan edukasi supportif terhadap motivasi pengobatan pasien tuberculosis paru. Metode : Penelitian ini erupakan penelitian studi kasus dengan jenis deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan lembar kuesioner skor motivasi dengan Skala Likert dan observasi secara wawancara dengan jumlah 4 responden. Hasil : Hasil didapatkan bahwa dalam pengukuran skor motivasi dengan Skala Likert antara sebelum dan setelah penerapan edukasi supportif kepada Ny. N, Ny. T, Tn. F dan Tn. M yang dilakukan 1 kali pertemuan selama 5-10 menit mengalami peningkatan skor motivasi, dapat diartikan responden semakin semangat menjalani pengobatan untuk mencapai kesembuhan. Kesimpulan : Terdapat peningkatan skor motivasi setelah dilakukan edukasi supportif terhadap responden. Penerapan ini dapat dijadikan penatalaksanaan nonfarmakologis untuk meningkatkan motivasi dan patuh dalam pengobatan. Kata Kunci : Motivasi, Edukasi Supportif, Tuberkulosis Paru
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan |
Divisions: | Jurusan Keperawatan Bogor > D III |
Depositing User: | RONALD ANGGRIAWAN FRIDO SAPUTRA |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 05:18 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 05:18 |
URI: | http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/12577 |
Actions (login required)
View Item |