EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETERAMPILAN KADER POSYANDU DALAM PENGISIAN KMS BALITA

Suhartika, Suhartika and Ni Wayan, Dian Ekayanthi EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETERAMPILAN KADER POSYANDU DALAM PENGISIAN KMS BALITA. Program Studi Kebidanan (kampus Bogor) Program Diploma Tiga, Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung. (Unpublished)

[img] Text
artikel KMS.docx

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK Menurut Kemenkes (2011), kader bertugas untuk melakukan penimbangan berat badan bayi, menentukan status pertumbuhan berdasarkan kurva KMS serta memberikan penyuluhan dan konseling gizi. Banyak terjadinya angka putus (droup out) ataupun pergantian kader tanpa diikuti pelatihan atau retraining menyebabkan lemahnya pengetahuan kader dalam memberikan pelayanan, salah satunya pengetahuan tentang KMS. Salah satu media yang dapat digunakan untuk retraining tersebut adalah dalam bentuk e-modul yang disusun sedemikian rupa agar menarik dipelajari dan mampu menumbuhkan minat baca, yang harapannya dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan kader. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas e-modul pembelajaran berbasis android terhadap pengetahuan, sikap dan keterampilan kader posyandu dalam pengisian KMS balita. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan rancangan quasi eksperimen. Sampel yang digunakan adalah kader posyandu di wilayah Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor yang memenuhi kriteria inklusi dengan tehnik systematic random sampling berjumlah 30 orang baik pada kelompok intervensi maupun kelompok kontrol. Pengambilan data dilakukan pada bulan September – Oktober 2021. Hasil yang didapat pada penelitian ini menyampaikan bahwa terdapat perbedaan nilai pengetahuan, sikap dan keterampilan kader posyandu dalam pengisian KMS Balita sebelum dan sesudah diberikan e-modul pembelajaran berbasis android yang bermakna (p<0,05) dengan peningkatan rata-rata nilai pengetahuan dari 78,88 menjadi 95,86 , nilai sikap dari 3,05 menjadi 3,41 dan nilai keterampilan dari 47,15 menjadi 91,29. Perbandingan antar kelompok didapat hasil bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan kelompok intervensi dengan kelompok kontrol (p=0,00). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa e-modul pembelajaran berbasis android mempunyai efektivitas yang signifikan terhadap pengetahuan, sikap, dan keterampilan kader posyandu dalam pengisian KMS balita. Saran agar dilakukan penelitian lanjutan dengan mengembangkan aplikasi ini menjadi lebih interaktif dan menarik serta bisa digunakan oleh masyarakat terutama untuk pemantauan tumbuh kembang balita yang berbasis digital. Kata kunci: e-modul, pengetahuan, sikap, keterampilan, kader, KMS Balita

Item Type: Article
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan
Divisions: Jurusan Kebidanan Bogor > D III
Depositing User: Mr. Anggi Oktaviana
Date Deposited: 23 Aug 2024 08:24
Last Modified: 23 Aug 2024 08:24
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/12553

Actions (login required)

View Item View Item