PENERAPAN EDUKASI GIZI SEIMBANG MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA YANG MENGALAMI STUNTING DI RW 01 KELURAHAN BUBULAK KOTA BOGOR

Aida Lisensia, Anjani and Ni Putu, Ariani (2024) PENERAPAN EDUKASI GIZI SEIMBANG MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA YANG MENGALAMI STUNTING DI RW 01 KELURAHAN BUBULAK KOTA BOGOR. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Bandung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (52kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
Surat Pernyataan publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Stunting adalah suatu malnutrisi secara kronik, terjadi karena makanan kurang bergizi dan kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap gizi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan gambaran mengenai penerapan edukasi gizi seimbang menggunakan video animasi untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja yang mengalami stunting di RW 01 Kelurahan Bubulak penelitian ini menggunakan disain studi kasus. Pengambilan sample dilakukan secara non-probability dengan teknik purposive sample melalui skirining menggunakan kuesioner karakteristik remaja dilanjut kuesioner pengetahuan dan sikap gizi seimbang didapatkan 3 remaja yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil dari penelitian ini menunjukan edukasi gizi seimbang menggunakan video animasi efektif meningkatkan pengetahuan dan sikap setelah 4 kali pertemuan selama 2 minggu, didapatkan hasil terjadi peningkatan pengetahuan dari rata-rata 4 poin menjadi 12. Untuk sikap terjadi peningkatan sikap negatif menjadi positif. Penerapan edukasi gizi seimbang mengunakan video animasi direkomendasikan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja yang mengalami stunting di pelayanan kesehatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan
Divisions: Jurusan Keperawatan Bogor > D III
Depositing User: AIDA LISENSIA ANJANI
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:23
Last Modified: 22 Aug 2024 03:23
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/12465

Actions (login required)

View Item View Item