PENERAPAN TERAPI BERMAIN UNTUK MENANGANI KECANDUAN PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK PRASEKOLAH DI BIMBA RAINBOW MANUNGGAL KOTA BOGOR

Dwi Ayu, Aprilia and Ni Putu, Ariani (2024) PENERAPAN TERAPI BERMAIN UNTUK MENANGANI KECANDUAN PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK PRASEKOLAH DI BIMBA RAINBOW MANUNGGAL KOTA BOGOR. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Bandung.

[img] Text
Cover-1.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Daftar Isi-2.pdf

Download (57kB)
[img] Text
Bab 1-3.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Bab 2-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
Bab 3-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
Bab 4-2.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Bab 5-3.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Daftar Pustaka-1.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Lampiran-2.pdf

Download (353kB)
[img] Text
lembar persetujuan-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
surat pernyataan-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)

Abstract

Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Bandung Program Studi Keperawatan (Kampus Bogor) Program Diploma Tiga Dwi Ayu Aprilia NIM. P17320321014 Penerapan Terapi Bermain Untuk Menangani Kecanduan Penggunaan Gadget Pada Anak Prasekolah Di Bimba Rainbow Manunggal Kota Bogor i-xiii + 45 halaman, V BAB, 8 Tabel, 8 Lampiran ABSTRAK Bermain gadget merupakan permasalahan pada anak di era globalisasi ini termasuk pada anak prasekolah. Orang tua terkadang abai saat mengawasi anak bermain gadget sehingga menyebabkan anak kecanduan. Kecanduan gadget menyebabkan anak jarang bermain, menurunnya konsentrasi dan hilangnya kontrol diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektifnya penerapan terapi bermain untuk menurunkan kecanduan gaget pada anak prasekolah di Bimba Rainbow Manunggal Kota Bogor. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan 4 orang responden. Hasil penerapan terapi bermain pada anak prasekolah menunjukan kecanduan sedang 2 anak (50%) dan kecanduan ringan anak (50%) dengan selisih 5 poin yaitu kecanduan sedang. Direkomendasikan kepada kepada pelayanan kesehatan pentingnya bermain dalam menurunkan penggunaan gadget pada anak prasekolah. Kata kunci : Gadget, Kecanduan gadge, Terapi bermain Daftar Pustaka : 36 Sumber (2014-2024)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan
Divisions: Jurusan Keperawatan Bogor > D III
Depositing User: DWI AYU APRILIA
Date Deposited: 09 Sep 2024 09:23
Last Modified: 09 Sep 2024 09:23
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/11459

Actions (login required)

View Item View Item