PENERAPAN TERAPI EXPRESSIVE WRITING TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN PADA REMAJA KORBAN BULLYING DI SMAN 1 DRAMAGA KABUPATEN BOGOR

Kitana, Najwa Maudyna and Yunani, Sri Astuti (2024) PENERAPAN TERAPI EXPRESSIVE WRITING TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN PADA REMAJA KORBAN BULLYING DI SMAN 1 DRAMAGA KABUPATEN BOGOR. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Bandung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (34kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (69kB)
[img] Text
ABSTRACT & ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (75kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (754kB)

Abstract

Latar Belakang : Masa remaja adalah periode yang dimulai dengan pubertas dan berakhir dengan proses menuju dewasa, Upaya untuk menemukan identitas dirinya ini dapat mengubah tingkah laku remaja menjadi positif maupun negatif. Bullying adalah salah satu perilaku negatif yang paling umum dilakukan oleh remaja. Masih banyak remaja Sekolah Menengah Atas (SMA) yang mengalami cemas karna menjadi korban bullying. Cemas tersebut dapat diminimalisir dengan beberapa cara seperti relaksasi, Asertivitas (Ketegasan diri), Keterampilan berkomunikasi dan bersosialisasi dan terapi psikologis yang bersifat menenangkan jiwa salah satunya terapi expressive writing. Tujuan : penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan terapi expressive writing terhadap penurunan Tingkat cemas remaja pada korban bullying. Metode : metode yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif dalam bentuk studi kasus. Dengan alat ukur kecemasan GAD-7 (Generalized Anxiety Disorder) dengan subjek penelitian berjumlah 3 responden. Hasil penelitian : setelah dilakukannya terapi expressive writing kepada 3 responden menunjukan bahwa remaja 1 mengalami penurunan skor tingkat cemas dengan nilai awal 10 menjadi 7 , remaja 2 mengalami penurunan skor tingkat cemas dengan nilai awal 11 menjadi 9 , remaja 3 mengalami penurunan skor tingkat cemas dengan nilai awal 10 menjadi 8. Dari hasil studi kasus ini diharapkan remaja dengan cemas korban bullying dapat diberikan terapi expressive writing terbukti bermanfaat terhadap penurunan tingkat cemas. Kesimpulan : Penerapan terapi expressive writing terbukti bermanfaat terhadap penurunan tingkat cemas pada remaja korban bullying.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 610 Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan
Divisions: Jurusan Keperawatan Bogor > D III
Depositing User: KITANA NAJWA MAUDYNA
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:14
Last Modified: 27 Aug 2024 08:14
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/11249

Actions (login required)

View Item View Item