Kitana, Najwa Maudyna and Yunani, Sri Astuti (2024) PENERAPAN TERAPI EXPRESSIVE WRITING TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN PADA REMAJA KORBAN BULLYING DI SMAN 1 DRAMAGA KABUPATEN BOGOR. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Bandung.
Text
COVER.pdf Download (34kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf Download (69kB) |
|
Text
ABSTRACT & ABSTRAK.pdf Download (13kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (11kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (113kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (85kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (75kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (754kB) |
Abstract
Latar Belakang : Masa remaja adalah periode yang dimulai dengan pubertas dan berakhir dengan proses menuju dewasa, Upaya untuk menemukan identitas dirinya ini dapat mengubah tingkah laku remaja menjadi positif maupun negatif. Bullying adalah salah satu perilaku negatif yang paling umum dilakukan oleh remaja. Masih banyak remaja Sekolah Menengah Atas (SMA) yang mengalami cemas karna menjadi korban bullying. Cemas tersebut dapat diminimalisir dengan beberapa cara seperti relaksasi, Asertivitas (Ketegasan diri), Keterampilan berkomunikasi dan bersosialisasi dan terapi psikologis yang bersifat menenangkan jiwa salah satunya terapi expressive writing. Tujuan : penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan terapi expressive writing terhadap penurunan Tingkat cemas remaja pada korban bullying. Metode : metode yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif dalam bentuk studi kasus. Dengan alat ukur kecemasan GAD-7 (Generalized Anxiety Disorder) dengan subjek penelitian berjumlah 3 responden. Hasil penelitian : setelah dilakukannya terapi expressive writing kepada 3 responden menunjukan bahwa remaja 1 mengalami penurunan skor tingkat cemas dengan nilai awal 10 menjadi 7 , remaja 2 mengalami penurunan skor tingkat cemas dengan nilai awal 11 menjadi 9 , remaja 3 mengalami penurunan skor tingkat cemas dengan nilai awal 10 menjadi 8. Dari hasil studi kasus ini diharapkan remaja dengan cemas korban bullying dapat diberikan terapi expressive writing terbukti bermanfaat terhadap penurunan tingkat cemas. Kesimpulan : Penerapan terapi expressive writing terbukti bermanfaat terhadap penurunan tingkat cemas pada remaja korban bullying.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 610 Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan |
Divisions: | Jurusan Keperawatan Bogor > D III |
Depositing User: | KITANA NAJWA MAUDYNA |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 08:14 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 08:14 |
URI: | http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/11249 |
Actions (login required)
View Item |