Salsabilla, Putri Anisa and Ningning Sri Ningsih, Ningning (2024) PENERAPAN TERAPI BERMAIN COOPERATIVE PUZZLE PLAY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA SEDANG USIA SEKOLAH (6 - 12 TAHUN) DI PANTI ASUHAN DINAS SOSIAL KOTA BOGOR. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Bandung.
Text
COVER.pdf Download (108kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
|
Text
SURAT PENYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf Download (381kB) |
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (273kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (282kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (410kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (387kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (164kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (164kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (309kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (287kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (394kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Anak tunagrahita sedang banyak yang mengalami kesulitan dalam penyesuaian diri terkait dengan hubungan dan interaksi individu atau kelompok di lingkungannya, anak menghadapi kesulitan dan penyesuaian diri melalui tantangan dalam keterbatasan intelegensi yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan seperti akademik dan sosial yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan dasar dan perkembangan anak. Perkembangan keterampilan sosial anak tunagrahita sedang memiliki keterbatasan dalam mengelola emosi dan interaksi sosialnya, serta kesulitan dalam memahami situasi yang ada di dalam dirinya dan di lingkungannya. Pelaksanaan peningkatan kemampuan keterampilan sosial dapat dilakukan dengan cara bermain cooperative puzzle play bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan sosial. Tujuan: Penelitian ini mengetahui pengaruh terapi bermain puzzle dalam meningkatkan kemampuan keterampilan sosial anak tunagrahita sedang usia sekolah 6 - 12 Tahun. Metode: Penelitian ini merupakan deskriptif dengan design studi kasus purposive sampling. Hasil: Penelitian ini dilakukan selama 3 hari 6 kali pertemuan, dalam 1 hari terdapat 2 kali pertemuan yaitu pagi dan sore, kepada 4 responden menunjukkan setelah dilakukan terapi bermain cooperative puzzle play dapat meningkatkan kemampuan keterampilan sosial anak tunagrahita sedang usia sekolah. Rekomendasi: Diharapkan pihak sekolah dapat memberikan terapi bermain cooperative puzzle play secara rutin pada siswa sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan keterampilan sosial bagi anak tunagrahita sedang di sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan |
Divisions: | Jurusan Keperawatan Bogor > D III |
Depositing User: | SALSABILLA PUTRI ANISA |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 07:34 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 07:34 |
URI: | http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/11241 |
Actions (login required)
View Item |