PENERAPAN AFIRMASI POSITIF TERHADAP TINGKAT STRES SISWA KELAS XII DI SMAN 10 BOGOR

Ardiani, Firda and Yunani, Sri Astuti (2023) PENERAPAN AFIRMASI POSITIF TERHADAP TINGKAT STRES SISWA KELAS XII DI SMAN 10 BOGOR. Diploma thesis, POLTEKKES KEMENKES BANDUNG.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
SURAT PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)

Abstract

Latar Belakang: Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII secara umum berusia enam belas tahun sampai dengan sembilan belas tahun dan berada pada tahap perkembangan remaja. Siswa kelas XII menghadapi banyak tekanan maupun tuntutan akademik yang menyebabkan stres, sebagai contoh, ujian masuk perguruan tinggi negeri dengan metode Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Disisi lain, angka keketatan UTBK dalam tiga tahun terakhir memiliki angka yang cukup tinggi dan berpotensi dapat menyebabkan adanya permasalahan psikologis siswa seperti stres. Untuk mengatasi stres pada siswa dibutuhkan intervensi yang tepat, salah satunya dengan afirmasi positif. Afirmasi adalah suatu kalimat positif yang tersusun dalam pikiran, tertuang dalam tulisan atau diucapkan bahkan didengar dari orang lain yang diucapkan kepada diri kita. Tujuan: mengetahui adakah pengaruh Penerapan Afirmasi Positif Terhadap Tingkat Stres Siswa Kelas XII di SMAN 10 Bogor. Metode: studi kasus dengan jenis deskriptif. Pengambilan sample menggunakan kuesioner Depression Anxiety Stress Scale (DASS)-42 dengan jumlah tiga responden sesuai dengan kriteria inklusi. Penerapan terapi afirmasi positif dengan durasi waktu 20 menit setiap pertemuan dan dilakukan selama 1 minggu. Data diperoleh dengan melakukan observasi, mengisi kuesioner dan dokumentasi. Hasil: menunjukkan sebanyak 1 siswa menjadi stres normal dan 2 siswa menjadi stres ringan dengan adanya penurunan skor tingkat stres. Kesimpulan: penerapan terapi afirmasi positif mampu memberikan perubahan tingkat stres siswa dalam menghadapi ujian. Kata Kunci: Siswa Kelas XII, Tingkat Stres, Afirmasi Positif. Daftar Pustaka: 24 Sumber (2013-2022).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 610 Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan
Divisions: Jurusan Keperawatan Bogor > D III
Depositing User: Firda Ardiani
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:36
Last Modified: 14 Jul 2023 03:36
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/8429

Actions (login required)

View Item View Item