PENGARUH PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP KETERAMPILAN MENYIKAT GIGI PADA ANAK PRASEKOLAH DI TK ATIKAN KOTA BANDUNG TAHUN 2022

Meidina, Utari Zulfan and Yonan, Heriyanto and Nining, Ningrum and Hera, Nurnaningsih (2022) PENGARUH PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP KETERAMPILAN MENYIKAT GIGI PADA ANAK PRASEKOLAH DI TK ATIKAN KOTA BANDUNG TAHUN 2022. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Bandung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (376kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (373kB)

Abstract

Edukasi mengenai tata cara menyikat gigi yang tepat perlu dilakukan sejak anak berusia prasekolah, karena hal ini merupakan masa emas untuk diberikan perlakuan berupa penanaman kebiasaan. Namun, laporan RISKESDAS tahun 2019 menunjukkan proporsi perilaku menyikat gigi dengan benar hanya sebesar 2,8%. Untuk mengatasi rendahnya angka perilaku menyikat gigi tersebut, perlu diberikan perlakuan yang menarik perhatian anak, seperti memberikan Permainan Edukatif. Permainan edukatif yang dirancang peneliti melakukan Simulasi menyikat gigi menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) Doctor Toys Set dan terdapat pengembangan desain APE berupa video cara bermain. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh Permainan Edukatif dalam upaya meningkatkan keterampilan menyikat gigi yang benar di TK Atikan Kota Bandung. Metode penelitian ini menggunakan rancangan Pre-experimental one group pre-test – post-test design yang dilaksanakan pada bulan April 2022 di TK Atikan Kota Bandung dengan jumlah sampel sebanyak 20 anak yang diambil secara total sampling. Keterampilan menyikat gigi diobservasi sebanyak 2 kali, yakni sebelum perlakuan (pre-test) dan setelah perlakuan dengan permainan edukatif (post-test). Analisis data menggunakan uji T berpasangan (paired-T test). Hasil rerata skor gerakan menggosok gigi yang benar sebelum dan setelah melakukan Permainan Edukatif tentang Simulasi Menyikat Gigi masing-masing sebesar 6,65 dan 11,85. Terdapat perbedaan bermakna rerata skor gerakan menggosok gigi yang benar melakukan permainan edukatif tentang Simulasi Menyikat Gigi (p<0,05). Kesimpulannya adalah Permainan Edukatif tentang Simulasi Menyikat Gigi dengan APE Doctor Toys Set serta Video cara bermainnya dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menyikat gigi pada anak pra-sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 617.6 Kedokteran Gigi
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 617.601 Kesehatan Mulut dan Pencegahan Sakit Gigi
Divisions: Jurusan Keperawatan Gigi > D III
Depositing User: Miss Meidina Utari Zulfan
Date Deposited: 04 Apr 2023 07:22
Last Modified: 04 Apr 2023 07:22
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/6062

Actions (login required)

View Item View Item