GAMBARAN TINGKAT STRES KELUARGA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR SECARA DARING PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH DASAR ISLAM MUMTAZ CIHIDEUNG KABUPATEN KUNINGAN 2021

Syifa, Hikmah and Muryati, Muryati and Desmaniarti, Desmaniarti and Rukman, Rukman (2021) GAMBARAN TINGKAT STRES KELUARGA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR SECARA DARING PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH DASAR ISLAM MUMTAZ CIHIDEUNG KABUPATEN KUNINGAN 2021. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (94kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN DAN LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (157kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (271kB)

Abstract

ABSTRAK xii, 49 halaman, 5 bab, 3 tabel, 1 bagan, 9 lampiran Perubahan proses pembelajaran yang mengharuskan dilakukan dalam jaringan (daring) sehingga semua pihak termasuk keluarga harus beradapatasi dengan sistem baru tersebut, hal ini menuntut keluarga untuk berperan aktif dalam proses pendidikan terutama anak sekolah dasar yang masih sangat membutuhkan pendampingan lebih banyak dari keluarga. Faktanya banyak keluarga yang belum terbiasa untuk menggantikan peran guru saat belajar di rumah, hal tersebut dapat memicu stres pada keluarga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat stres keluarga dalam pendampingan belajar secara daring pada anak sekolah dasar di Sekolah Dasar Islam Mumtaz Cihideung Kab. Kuningan. Metode deskriptif dengan desain penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan 164 orang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan DASS 42 yang sudah baku. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat stres keluarga dalam pendampingan belajar secara daring pada anak sekolah dasar di Sekolah Dasar Islam Mumtaz Cihideung Kab. Kuningan tahun 2021 yaitu tidak stres 34,1%, stres ringan 47,0%, stres sedang 18,3% stres berat 6%, dan stres sangat berat 0% dan dapat disimpulkan kurang dari setengah mengalami stres ringan. Dirasakan perlunya dukungan untuk membantu keluarga dalam mengurangi stres saat pendampingan belajar anak secara daring seperti mengajarkan manajemen stres, konsultasi psikologis online ataupun berbasis rumah harus diterapkan untuk mengurangi efek stres yang dirasakan. Kata kunci : tingkat stres, keluarga, pembelajaran daring Daftar pustaka : 35 (2011-2021) Buku : 8, Jurnal : 27

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan Bandung > D III
Depositing User: Ms. Syifa Nurul Hikmah
Date Deposited: 27 Mar 2023 01:43
Last Modified: 27 Mar 2023 01:43
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/2827

Actions (login required)

View Item View Item