PROMOSI KESEHATAN MELALUI MEDIA VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PREMENSTRUAL SYNDROME (PMS) DAN DISMENORHOE PADA REMAJA PUTRI

Marlina, Cherly and Sulastri, - and Setyono, Budi (2020) PROMOSI KESEHATAN MELALUI MEDIA VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PREMENSTRUAL SYNDROME (PMS) DAN DISMENORHOE PADA REMAJA PUTRI. PROMOSI KESEHATAN MELALUI MEDIA VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PREMENSTRUAL SYNDROME (PMS) DAN DISMENORHOE PADA REMAJA PUTRI, 14 (02). pp. 1-5. ISSN 2477-054X (Submitted)

[img] Text
Jurnal Kartika.docx
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)

Abstract

Gangguan haid merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada 30-50% remaja. Kurangnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi khususnya menstruasi pada remaja puteri berdampak pada kesiapan atau ketidaksiapan dalam menghadapi menarche yang dapat menimbulkan reaksi positif maupun negatif pada saat menstruasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang PMS dan Dismenorhoe Pada Remaja Putri SMP. Desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. One Group Pretest Posttest Pretest. Populasi, remaja puteri SMPN I dan SMP Negeri IX. Sampel, accidental sample sebanyak 30 orang remaja puteri. Hasil penelitian uji statistik didapat nilai p= 0,012 dimana nilai p < 0,05 sehingga ada perbedaan yang signifikan antara pengetahuan sebelum dan setelah diberikan intervensi. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, maka dapat disimpulkan terjadi peningkatan pengetahuan tentang dismenorhoe dan pre menstrual syndrome yang signifikan baik pada kelompok intervensi maupun kelompok kontrol. Kata kunci: Video, Remaja, PMS, Dismenorhe

Item Type: Article
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 614 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Divisions: Jurusan Promosi Kesehatan > D III
Depositing User: Ms. Cherly Marlina
Date Deposited: 24 Aug 2021 02:30
Last Modified: 24 Aug 2021 02:30
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/1579

Actions (login required)

View Item View Item