PENERAPAN TERAPI MENULIS EKPRESIF UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN TERHADAP KORBAN BULLYING PADA REMAJA DI SMP YZA KOTA BOGOR

Anatasya Febriani, Anatasya Febriani and Amid, Salmid (2024) PENERAPAN TERAPI MENULIS EKPRESIF UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN TERHADAP KORBAN BULLYING PADA REMAJA DI SMP YZA KOTA BOGOR. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Bandung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (56kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (168kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf

Download (182kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (80kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (102kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (753kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (69kB)
[img] Text
Lampiran .pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (625kB)

Abstract

Masa remaja adalah periode yang dimulai dengan pubertas dan berakhir dengan proses menuju dewasa. Remaja menganggap Bullying seksual sebagai pengalaman yang traumatis dan tidak menyenangkan, Terapi menulis merupakan metode yang tepat diberikan kepada remaja korban bullying karena sulitnya mengekspresikan emosi dan bersikap asertif bagi remaja korban bullying yang mengalami kecemasan. Tujuannya untuk mendapatkan gambaran dari Penerapan terapi Menulis Ekspresif dalam mengurangi kecemasan terhadap korban bullying pada remaja. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang membuat pencandraan (deskripsi) mengenai situasi – situasi atau kejadian – kejadian yang terjadi pada saat ini. Hasil penelitian Kelima responden tersebut mengalami kecemasan ke-5 remaja yang terkena bullying melalui pengukuran dengan HARS (Halmiton AnxietyRating Scale) sebelum dilakukan terapi menulis Expressive ke lima responden mengalami skor 42-49 (kecemasan berat), dan setelah dilakukan pengukuran dengan HARS didapat skor 35-46 (kecemasan berat-sangat berat). Kesimpulannya setelah dilakukan Terapi menulis ekspresif responden mengalami perubahan tingkat kecemasan yang bermula kecemasan sangat berat menjadi kecemasan berat meski ada yang beberapa yang masih berkategori kecemasan sangat berat namun skornya berkurang dari sebelumnya. Rekomendasi penelitian ini diharapkan menjadi penerapan terapi menulis Expressif sebagai upaya dalam mengatasi Kecemasan yang timbul pada siswa yang terkena bullying Di SMP YZA Kota Bogor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610 - 619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan
Divisions: Jurusan Keperawatan Bogor > D III
Depositing User: ANATASYA FEBRIANI
Date Deposited: 08 Aug 2024 01:16
Last Modified: 08 Aug 2024 01:16
URI: http://repo.poltekkesbandung.ac.id/id/eprint/11257

Actions (login required)

View Item View Item